Pages


Rabu, 29 Juni 2016

Bagaimana jika matahari hilang?

Halo agan dan aganwati!

Spoiler for Thank you :D:
Bagaimana jika matahari hilang?
Terima kasih buat mimin dan momod, juga kaskuser semua.

Selamat datang agan dan aganwati, selamat berpuasa, mohon maaf lahir dan batin, dan juga semoga agan dan aganwati mendapatkan informasi baru dari trit ini.

Quote:Gravity adalah properti dari semua benda. Semua benda yang mempunyai massa atau berat.bulan, bumi, mars, jupiter, matahari semua mempunyai massa dan gravitasi; bahkan tubuh agan dan aganwati. Misal agan berjarak 0,00075 meter (0.75 milimeter) dari aganwati (cieee hampir nempel2 ), pada jarak ini, secara keseluruhan, semua atom di tubuh agan dan tubuh aganwati saling tarik menarik setara dengan kekuatan gravitasi yang didapat oleh kita dari matahari. Tentunya gravitasi dari matahari dan dari aganwati ga bisa kita rasakan sama sekali oleh indra kita karena sangat kecil (walau di hati kerasa banget tarikannya aganwati), karena jika dibandingkan dengan gravitasi bumi dengan gravitasi dari matahari yang sangat jauh dan aganwati yang sangat dekat itu tidak berarti apa-apa. Indra agan dan aganwati ga akan merasakan gravitasi dari matahari dan gravitasi dari aganwati yang agan dan aganwati peluk (kalo agan meluk cowok jangan lama2 gan. peluk boleh, lama jangan)
Spoiler for hugging:
Bagaimana jika matahari hilang?
jadi bisa dibilang gaya gravitasi dari aganwati dan matahari yang berjarak 150 juta kilometer dari agan dan aganwati tersebut, bagaikan tidak ada.. namun.. bagaimana jika matahari.. beneran ga ada?
Spoiler for sorry pake paint :)b :
Bagaimana jika matahari hilang?



Quote:Matahari ga mungkin tiba-tiba tidak ada, benda apapun yang bermassa dan/atau mempunyai energi tidak mungkin tiba-tiba menghilang (kecuali kunci motor gan ) namun matahari bisa menghilang setelah mengalami rangkaian demi rangkaian dari menjadi the red giant dan melahap utuh bumi, dan menjadi sangat sangat sangat sangat kecil dan menjadi dwarf star. (agan dan aganwati bisa baca penjelasannya di trit agan ini. Sebenarnya sesuatu bisa mengalami quantum tunnel namun untuk benda sebesar matahari, hal tersebut bener-bener sangat sangat sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi bahkan bisa dibilang tidak ada kemungkinannya untuk terjadi yang mana sebenarnya tidak perlu dibahas lagi. NAMUN, ayo kita bahas gan sebagai experiment imaginasi buat agan dan aganwati.

Quote:Ketika matahari tiba-tiba menghilang, agan dan aganwati pertama-tama tidak akan tahu kalau matahari menghilang selama 8 menit 21 detik. Cahaya dari matahari sampai ke bumi selama 8 menit 21 detik dan selama itu pula agan dan aganwati mendapatkan sinar matahari sebelum matahari itu tiba-tiba menghilang.
Spoiler for bumi sendirian:
Bagaimana jika matahari hilang?

kepanikan pasti akan melanda bumi setelah agan dan aganwati menyadari bahwa matahari tiba-tiba menghilang.


Quote:Agan dan aganwati ingat jika matahari mempunyai gravitasi yang tidak bisa kita rasakan? sebenarnya gravitasi matahari lah yang menjaga bumi berevolusi mengelilingi matahari. namun jika matahari menghilang, bumi akan terdampak pada hilangnya gravitasi dari matahari selama 8 menit. Lho, kenapa kok tidak langsung kita berubah haluan tepat setelah matahari hilang? karena gelombang gravitasi melaju sama seperti kecepatan cahaya, yakni c= 299.792.458 m/s. jadi tepat saat agan dan aganwati melihat matahari hilang, itu disaat bumi kehilangan tarikan gravitasi dari matahari dan akan terbang lurus. Untuk mengetahui gimana pergerakan bumi ketika matahari menghilang, agan coba simulasi gravitasi yang ada di spoiler sources, penjelasan dan tata cara dibawah ini

Quote:Pertama-tama klik OMFG pada pilihan tombol di bagian bawah kiri. lalu klik di tengah-tengah area hitam. lalu pilih tombol large, lalu click dan drag seperti gambar ini.
Spoiler for click-and-drag:
Bagaimana jika matahari hilang?

lalu setelah benda large berhasil mengelilingi benda OMFG, click centang pada Path (disables when view moves) maka akan terlihat garis lintasan benda large. setelah beberapa putaran, lakukan shift+click pada benda OMFG, maka benda OMFG akan hilang dan benda large akan menjadi seperti ini
Spoiler for keluar jalur:
Bagaimana jika matahari hilang?


Quote:Pada saat kita kehilangan cahaya dan gravitasi dari matahari, agan dan aganwati masih bisa melihat jupiter masih tersinari matahari dan masih berputar mengelilingi matahari untuk beberapa saat, hingga sinar matahari dan gravitasi matahari hilang di planet jupiter dan planet jupiter juga bergerak lurus keluar orbit.
Spoiler for Jupiter:
Bagaimana jika matahari hilang?
tanpa adanya sumber energi "extraterrestrial", yaitu matahari, agan dan aganwati mau ga mau mengandalkan sumber energi yang ada di bumi. abdul ahad pada tahun 2004 mengemukakan bahwa bumi mendapatkan sinar dari galaksi bima sakti sebesar 1/300 dari bulan purnama, jadi agan dan aganwati masih bisa sedikit melihat sekeliling dari cahaya galaksi bima sakti.
Spoiler for Milky way:
Bagaimana jika matahari hilang?
tetapi, tetap saja agan dan aganwati membutuhkan energi listrik untuk menyalakan lampu, yang mana bisa dinyalakan dengan energi buatan manusia, seperti malam-malam biasanya, kecuali.. setiap detik adalah malam.. dimana-mana..


Quote:Tidak akan ada tumbuhan dan mahluk hidup yang berfotosintesis. yang mana 99,9% produk natural yang dihasilkan sendiri oleh bumi, dihasilkan melalui fotosintesis. Dari hasil fotosintesis, tumbuhan mengambil CO2 dan menghasilkan oksigen. tetapi jangan khawatir, secara keseluruhan manusia dan kehidupan lain di bumi, bernafas mengambil oksigen sebesar 6,000,000,000,000 kg (enam bilyar) per tahun. tetapi atmofsir bumi mengandung 1.000.000.000.000.000.000 (satu juta bilyar) kg oksigen, jadi tanpa fotosintesis, akan butuh waktu 1000 tahun untuk oksigen habis di bumi tanpa fotosintesis. pohon-pohon-pohon besar bisa tetap hidup selama 4 tahun tanpa sinar matahari karena cadangan gula yang ada di dalam pohon tersebut.
Spoiler for Pohon-pohon besar:
Bagaimana jika matahari hilang?
namun, bukan itu yang dipermasalahkan, pohon-pohon akan mati sebelum cadangan gula dalam pohon tersebut habis karena pohon-pohon mati membeku. Karena tanpa matahari, bumi akan kehilangan panas secara dratis, namun semakin lama semakin berkurang. Seminggu setelah bumi hilang, rata-rata panas bumi akan berkurang hingga 0 selsius. selama sebulanan agan dan aganwati akan terbiasa dengan hal itu, sampai setahun kedepan, yang mana rata-rata panas bumi akan berada pada -73 der selsius. opsi yang bagus untuk agan dan aganwati bertahan adalah pindah ke tempat yang banyak geothermalnya seperti islandia. Walaupun diatas bumi sangat-sangat dingin, tapi bumi masih hangat di beberapa tempat dikarenakan inti bumi yang panas, sepanas 5000 der selsius.


Quote:Lanjut pada 10-20 tahun lagi, bumi akan basah karena embun..
Spoiler for dew:
Bagaimana jika matahari hilang?
tetapi bukan embun air atau H20, tetapi embun udara-udara karena suhu dinginnya bisa menjadikan udara menjadi es. jadi jika agan aganwati ingin bernafas, agan harus mengambil secangkul oksigen dan menaruhnya dipanaskan di dalam rumah agar bisa bernafas. dan cairan udara ini lebih besar masa jenisnya ketimbang es, jadi, air udar tadi akan berpindah ke bawah es dan es menjadi di atas air udara, menutupi SELURUH BUMI dengan es dan agan dan aganwati sudah tidak mungkin lagi berada di bumi. kondisi bumi hampir sama dengan Eropa, bulan dari Jupiter.
Spoiler for Eropa:
Bagaimana jika matahari hilang?
dan karena es adalah insulator yang cukup efektif, air udara di bawah es akan tetap cair, dan terus menerus dipanaskan oleh geothermal bumi dan ini akan berlangsung sangat sangat sangat sangat lama, dengan atau tanpa matahari. NAMUN, keadaan bumi yang seperti ini tidak menjadikan bumi tak memiliki kehidupan. mikroba yang hidup di ventilasi hidrothermal yang mengeluarkan panas tetap hidup.
Spoiler for hidrohermal vent:
Bagaimana jika matahari hilang?
Bahkan mereka hidup di bawah laut yang sangat dalam, bahkan tanpa ada sinar matahari sedikitpun dan mereka menghasilkan energi bukan dari fotosintesis, melainkan dari..
Spoiler for Kimosintesis:
Bagaimana jika matahari hilang?
lalu mikroba dimakan kerang dan cacing, dan ketika kerang dan cacing mati, mineral dan zat-zat yang terkandung dalam kerang dan cacing diproses kembali di hidrothermal, yang mana rantai makanan terus-menerus berputar, secara independen, tanpa.. matahari.. dan penghuni bumi tersebut akan terus hidup, walau mereka tidak tahu bahwa matahari sudah sangat sangat sangat lama.. tidak ada.. dan dalam waktu yang sangat lama, bumi akan menjadi kendaraan luar angkasa bagi makhluk-makhluk yang selamat ini


Quote:Setelah matahari hilang, bumi melaju pada 108.000 km/h. setelah 1 milyar tahun, bumi sudah menjauh 900.000.000.000.000.000 km dari bumi, atau 100.000 tahun cahaya, perjalanan yang mungkin bumi sudah berpindah galaksi, dan mendekati salah satu bintang. Tidaklah tidak mungkin bahwa bumi menemukan orbit lagi, lalu mencair, dan organisme yang bertahan selama itu berevolusi kembali menjadi makhluk hidup seperti jaman prasejarah. atau bahkan ada mahluk hidup yang terus-terusan berevolusi menjadi bisa berfikir lagi, seperti agan dan aganwati. Dan makhluk hidup tersebut berhasil menemukan sisa-sisa kehidupan yang ditinggalkan peradaban sebelum matahari hilang, atau bahkan menemukan.. tulisan ini.. di salah satu harddrive komputer server? yang mana dalam hal ini TS mau mengucapkan..

Spoiler for UNTUK SEMUA PEMBACA (MASA SEKARANG ATAU MASA DEPAN):
HAI!
Selamat datang di trit tentang sejarah dan perjalanan bumi kita ini , dan terimakasih udah membaca trit ane.

terimakasih koreksi dari agan keren ini! Quote:Original Posted By 2c007
analisa gravitasinya jangan pake hukum newton....udah ngak relevan....pake relativy gravity einstein....yg tarik menarik bukan karena massa suatu benda tapi karena time and space itu melengkung krn massa benda tersebut....time and space bending....apalagi gravity waves sudah terbukti....
woh iya gan, bener2. ane baru inget kalo gravity waves udah observable. ane boleh minta rekomendasi referensinya ga gan?


komen-komen menarik dari agan-agan dan para kugelblitz

Quote:Original Posted By G.Faust
Wow jauh banget pemikirannya gan, ane ga terpikir sampe segitu jauhnya, tapi kalo sebelum pindah galaksi, kalo ketemu bintang duluan kira" gimana ya? Ilmu ane masih cetek gan

dari skyandtelescope.com, bintang terdekat dari bumi bernama Proxima Centauri berjarak 4,24 tahun cahaya dari bumi, jadi, sebelum sampe di proxima centauri, es sudah merajalela di bumi gan, membinasakan manusia dan menyisakan organisme2 yang seperti dijelaskan di trit gan. makasih gan pertanyaannya.
Quote:Original Posted By ibamfx
serem juga ya broo, ngebayangin kalau nggak ada sinar matahari,, pasti lama lama bakalan linglung broo,, bayangin bangun tidur, ente nggak tau ini jam berapa broo,, ini siang ato malam, sudah waktunya tidur lagi atau belum , pusing spertinya bro,,

harusnya ente tambahin 1 lagi broo, kasihan emak emak ibu rumah tangga, kalau nggak ada sinar matahari, cucian mereka susah keirng broo,, gimana coba,, pada basah semua itu baju nanti

wah iya gan, bakalan bingung jam 9 pagi apa jam 9 malem, sama2 gelapnya. , kalo jemuran bisa pake pengering listrik gan. xD
Quote:Original Posted By gooders
Aduh gan, thanks banget, ada thread ini ngajarin kita bersyukur.
Buat yang takut item karena matahari, tuh"BAYANGIN" ya kalo nggak ada matahari, bakal putih sih lo, tapi menderita. Hiii serem...

ente bener banget gan, kita harus banyak2 bersyukur, atas semua yang Tuhan udah kasih, entah itu baik atau buruk, enak atau ga enak.
Quote:Original Posted By naunofal
Naro thread beginian jangan di lounje, bikin susah mikir nih dimari
Mending taro di SainsTek.

Btw, bakal ngaruh ga sih sama bulan? kalo bumi lepas orbit, bagaimana dengan bulan? jika bulan lepas orbit dari bumi, apa dampak pada laut di bumi?

:dor

Bagaimana jika matahari hilang? kayaknya udah ane taruh di trit sains dan teknologi gan, maaf gan kalo ane salah naruh.
dari astrobio.net, kalo bulan lepas dari orbit bumi, dampaknya dengan laut bumi adalah, laut yang sebelumnya mencembung di daerah equator karena daya gravitasi bulan, akan berpindah ke bagian kutub, jadi air laut di sekitar equator (garis katulistiwa) akan berkurang lumayan banyak gan. ga cuma itu gan, bulan juga berperan banyak terhadap poros perputaran bumi. jadi jika tanpa bulan, poros bumi akan berubah2, yang mana bisa saja di suatu saat equator jadi kutub dan kutub jadi equator, lalu berubah lagi ke titik lain lagi dan seterusnya. mirip seperti planet mars yang bulannya sangat kecil hingga tidak bisa menjaga stabilitas letak poros planet mars. kehilangan bulan juga bakal mengganggu pandangan hewan nokturnal yang membutuhkan cahaya bulan untuk berburu. beberapa hewan nokturnal pun akan punah, namun beberapa hewan nokturnal akan selamat jika matanya cukup sensitif untuk melihat di malam hari menggunakan cahaya yang dihasilkan dari galaksi bima sakti. terimakasih gan pertanyaannya menarik sekali.
Quote:Original Posted By gusgus090
pakai lampu ultraviolet ga bisa kh gan??? menurut ane manusiia juga bisa beradaptasiii
Quote:Original Posted By navi094
mungkin bisa kali ya bikin matahari buatan

mungkin kalo teknologi sudah sangat maju ya gan. tapi dari hasil diskusi di quorra.com, untuk membuat matahari baru bahannya gan yang bingung ambil dari mana. bahan-bahan dari bumi sangat tidak mencukupi untuk membuat matahari baru, manusia bisa beradaptasi gan, tapi kalo manusia tetap tinggal di bumi yang segila itu keadaannya dapat dipastikan akan punah, karena ga ada bahan makanan dan ga bisa lagi ambil sumber daya bumi karena bumi sudah tertutup lapisan es yang besar di atas dan air udara yang sangat dalam di bawah es
Quote:Original Posted By ucokbekasi



Jadi gini gan


Kan ketika bumi tidak menerima cahaya panas/panas dari bintang nya , yg hampir otomatis membuat suhu menurun di bumi .

Ada chance Re-Born atau Hidup baru loh

Well , ane pernah di ajarin guru Ipa Sd and masih ingat prinsip nya, semua makhluk hidup yg ikut membeku dalam es , mau berapa tahun lama nya pun itu , ketika es mencair maka akan ada kehidupan baru

So, ketika bintang kita kehilangan segala kekuatan nya , kita masih bisa hidup lagi sampai beberapa jt tahun kemudian menunggu bumi menemukan bintang nya/ orbit terbaik nya kembali , tau2 bangun matahari nya ada 2 kan keren

Tp ga semudah itu eksperimen ini berjalan

Harus ada percobaan atau persiapan khusus , krn ane baca thread agan bumi tidak langsung membeku setelah kehilangan bintang nya ,

Solusi gila : jadi saat bumi kehilangan bintang ny, kita bisa memakai reaksi fisi nuklir atau semacam bom atom yg meledak membuat seisi bumi membeku

Jadi saat bangun tiba2 di hap2 bg ipul eh maksud ane saat bangun kita melihat dua matahari




Keren juga kalau bisa di praktikkan

Jadi kayak Avatar The Legend of Aang


Page one bila berkenan
keren gan komen agan. , bisa aja gan terjadi. tapi mungkin lebih ke mikroorganisme, dan atau virus. karena kalo hewan atau manusia ga mungkin gan bisa hidup kalo terbekukan selama itu, tumbuhan aja ga mungkin selamat gan, karena darah dari pohon tersebut sudah membeku, jadinya pohonnya mati. xD mungkin bisa gan dengan fusi nuklir yang agan jelaskan, namun membutuhkan bahan yang sangat banyak (yang ada di bumi kurang gan) untuk menjaga matahari baru tetap menyala dan sebesar matahari hingga mempunyai gravitasi yang cukup untuk menjaga orbit. karena kalo terlalu kecil malah tertarik gravitasi bumi dan meledak di bumi. xD tapi jika udah ditemukan teknologi yang lebih maju daripada sekarang untuk membuat matahari baru, mungkin bumi akan terhindar dari musibah ini gan. keren sekali gan komen agan. terima kasih gan komennya.
Quote:Original Posted By rayados
Bumi bakal tubrukan sama asteroid atau planet" lain dulu mungkin, klo ga, ya ketarik bintang terdekat
atau mungkin bumi cuma bakal mengambang selamanya...
atmosfir bumi masih sanggup menahan asteroid2 yang menghujani bumi gan, tapi kalo planet udah pasti hancur gan, atau malah bergabung gan bumi+planet tersebut. thanks gan komennya
Quote:Original Posted By loddoch
OMFG apaan ?

salah satu pilihan waktu memakan simulasi gravitasi matahari dan bumi, monggo dicoba di sini gan selamat mencoba
Quote:Original Posted By buanakasendukan
kalau hilang berarti memulai perjalanan menuju kiamat gan...simulasi praktisnya...sewaktu unsur kehidupan terhambat pasti akan menuju kebinasaan,betapa manusia bisa dikalahkan oleh mikroba tangguh itu,hiksss...
bagus gan persamaan yang agan buat. manusia yang besar dan selalu menyombong2kan intelegensi dan derajatnya diatas segala hewan-hewan bisa kalah dengan kehidupan yang sangat2 kecil, seperti mikroba, atau bahkan cacing dan kerang yang ga butuh mata dan tubuh yang kompleks buat hidup, mantap sekali gan.

Quote:Original Posted By omanhomsa
Hebat sampe kesana pemikirannya, ga kebayang kalo matahari ga ada, semua bakal susaah, makhluk hidup gimna bisa bertahan, ga ada bayi yang dipagi hari dijemur, ga ada energi sel surya..
wah iya gan bener, matahari hanya akan jadi dongeng sebelum tidur. terimakasih gan komennya.


komen lucu dari agan-agan dan para kugelblitz
Quote:Original Posted By ananursyifa
ane dari masa depan bre, setelah matahari menghilang

selamat datang gan xD
Quote:Original Posted By madiyoo
ga ada matahari masi ada carefour sama galeria

ga kebayang bumi mengitari c*refour atau g*leria gan. xD isinya diskonan ama peralatan rumah tangga semua. xD
Quote:Original Posted By wirasukma
Bagaimana jika matahari hilang?

gak bisa jemurin daleman bre

iya gan, ga bisa jemur daleman, , tapi daleman agan bisa kering pake pengering pakaian tenaga listrik gan.
Quote:Original Posted By bdrzz
nyangkul oksigen dulu gan, mau nitip?

nitip seember gan
Quote:Original Posted By entongeges
ga bisa jemur rengginang lgi dah ini

bagus deh gan, berarti sekarang kaleng kh*ng guan isinya beneran kh*ng guan. xD
isi trit nya lebih jelas dr trit dg judul yg hampir sama gan, meskipun dbagian awal agak bingung tp bagian tengah smpai akhir jelas bgt thanks infonya gan teng
Kok bisa cepet amat langsung HT
Quote:Original Posted By ruscantik3
isi trit nya lebih jelas dr trit dg judul yg hampir sama gan, meskipun dbagian awal agak bingung tp bagian tengah smpai akhir jelas bgt thanks infonya gan teng


Waw, aganwati ini pasti hot banget kayak kugelblitz <3
Quote:Original Posted By djegreg
Waw, aganwati ini pasti hot banget kayak kugelblitz <3



Sama aja kiamat bre kalo oksigen musti dibawa kerumah dulu
Ane uda tw sih bre waktu zaman ane sekolah dlu
Kalau matahari hilang, kira2 Man of Steel aka Superman masih kuat gk Gan?
tidak ada unsur kehidupan
ane dari masa depan bre, setelah matahari menghilang
hadduuhh pusyinng ane gan kl dah bahas2 astronomi n kawan kawan, macam ntn interstellar kmrn,
Wow jauh banget pemikirannya gan, ane ga terpikir sampe segitu jauhnya, tapi kalo sebelum pindah galaksi, kalo ketemu bintang duluan kira" gimana ya? Ilmu ane masih cetek gan
Manusia bisa mati, kalo pun hidup ya pasti ribet hidupnya
ga ada matahari masi ada carefour sama galeria
ngeri juga ya bre
Bagaimana jika matahari hilang?

gak bisa jemurin daleman bre
Tumbuhan darat, dan sebagian besar makhluk darat punah dalam waktu paling lambat 1 Bulan
Jangan Sampe ngilang dah ntu Eyeday bray :cerem
Mejeng Trit Hate Bray

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar