Pages


Kamis, 30 Juni 2016

Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur

Spoiler for harapan ane sih gada repsol gan:

Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur


Quote:Hot Thread Gan
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur. Biasanya, orang yang mengalami mimpi ditandai dengan gerakan mata yang cepat dan intensitas nafas yang meningkat. Dan ketika agan sudah terbangun, seringkali tersadar bahwa kita telah bermimpi tapi tidak bisa mengingat apa yang di mimpikan.

Tapi di lain waktu terkadang kita juga bisa mengingat mimpi kita, kenapa bisa? Atau bahkan mengapa terkadang orang lain bisa mengingat setiap mimpinya? Apa ada yang salah dengan tubuh agan apabila agan sulit mengingat mimpi, sedangkan orang mudah untuk mengingatnya? Lalu apa ada cara agar bagaimana kita selalu bisa mengingat mimpi?


Quote:Mengapa Terkadang Kita Sulit Untuk Mengingat Mimpi Kita?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Beberapa ilmuan tidak sepenuhnya setuju mengapa kita sulit untuk mengingat mimpi sendiri, walaupun hal itu baru beberapa menit terjadi setelah kita terbangun.

Sedangkan para psikiater dan psikolog percaya, bahwa kita bermimpi untuk mengekspresikan dan memecahkan suatu masalah yang tidak bisa terpecahkan saat terjaga, sedangkan yang lain percaya bahwa otak neuron kita secara acak selama tidur saat memasuki fase REM dan bermimpi adalah suatu bagian dari perawatan kesehatan otak, dan mimpi hanya bagaimana pikiran kita mencoba untuk memahami suatu masalah dalam dunia nyata secara tak terduga. Yang lain percaya bahwa mimpi membantu kita menyortir semua kenangan yang kita buat pada hari sebelumnya, dan menyortir hal hal penting mulai dari yang sepele, para peneliti di Harvard Medical School menemukan bahwa bagian-bagian dari otak kita dirangsang selama bermimpi dan membantu otak kita memproses informasi baru, merangsang memori dan "belajar."

Lalu mengapa terkadang kita sulit untuk mengingat mimpi yang baru terjadi? Nah, para ilmuwan sepakat tentang salah satu aspek bermimpi: tujuan utamanya adalah untuk menciptakan suatu kenangan baru. Banyak ilmuwan percaya bahwa beberapa jenis neuron dalam otak kita yang membantu kita menciptakan kenangan baru kemudian hilang pada saat kita terbangun. Jadi, kita hanya bisa mengingat mimpi yang terjadi tepat sebelum kami bangun.


Quote:Apakah Beberapa Orang Dapat Mengingat Mimpi Mereka Lebih Baik Dari Yang Lainnya?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Jawabannya adalah Ya. Sebuah studi pd tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Frontiers in Psychology menemukan bahwa ada jenis tertentu dari orang yang secara teratur dapat mengingat mimpi mereka. Apa ada suatu hal yang istimewa, mengapa mereka dapat lebih mengingat? Jawabannya karena mereka memiliki lebih banyak aktivitas di bagian otak yang merespon rangsangan di sekitar mereka.

Mereka ini akan bereaksi lebih kuat terhadap orang lain saat ada yang memanggil nama mereka ketika terjaga dibandingkan dengan orang orang yang biasanya lupa terhadap mimpi mereka. Orang orang seperti ini setiap malam terbangun rata-rata 30 menit karena mereka terganggu oleh suara atau rangsangan lainnya.


Quote:Mengapa Kadang Kita Hanya Mengingat Beberapa Hal Dari Mimpi Kita?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Seperti banyak dari kita, mungkin beberapa waktu yang lalu dapat mengingat beberapa hal dari mimpi agan, tapi mengapa tidak bisa mengingat mimpi yang berlangsung beberapa menit yang lalu? Apa yang menyebabkannya?

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa ketika mimpi datang kita lebih cenderung untuk mengingat sesuatu yang mudah diingat, kita hanya ingat lima persen dari mimpi kita, jadi mimpi di mana sesuatu yang benar-benar baru atau aneh terjadi (misal ketemu Presiden lagi blusukan, pengalaman perjalanan ke pusat bumi, berantem sama kaka kelas, dll), sedangkan kebanyakan di mimpi yang lain kita hanya melakukan kegiatan seperti halnya ketika kita di dunua nyata, (contohnya jalan ke dapur, ke toilet, makan, dll).


Quote:Apa Hal Yang Membuat Kita Tidak Bisa Bermimpi Lagi?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Trauma otak dan luka kepala yang menyebabkan masalah pada memori dapat membuat kita merasa seperti tidak lagi bisa bermimpi. Namun dalam kenyataannya, kita mungkin masih bermimpi - kita hanya merasa seperti kita tidak bermimpi karena kita tidak bisa mengingat mimpi. Biasanya, seiring berjalannya waktu saat penyembuhan otak dan pemulihan memori, kita dapat bermimpi kembali walaupun sulit mengingatnya.

Selain itu, obat obatan dan perubahan pola tidur yang ekstrem juga dapat membuat otak kita berfikir kita tidak bermimpi.


Quote:Apa Ada Sesuatu Yang Salah Jika Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi?
Beberapa Alasan Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Terbangun Dari Tidur
Tidak! Meskipun mungkin beberapa orang ingin mencoba untuk mengingat atau menuliskan mimpi mereka ketika mereka bangun karena mereka merasa hal seperti itu memberi mereka wawasan diri sendiri dan kehidupan batin mereka, atau merasa agan mendapat wahyu atau ilham atau semacamnya ketika anda sedang bermimpi.

Ingat, mimpi hanyalah ekspresi otak atas apa yang sebenernya agan pikirkan saat sedang terbangun. Makanya banyak orang yang sedang mendapat tekanan batin atau masalah di dunia nyata cenderung bermimpi saat tidur. Itu karena mereka terlalu memikirkan terlalu dalam sehingga otank kita tetap bekerja memikirkan hal itu walaupun kita sedang tidur.



Mungkin itu gan penjelasan mengapa kita cenderung sulit mengingat mimpi kita saat terbangun.

Tolong Agan Kaskuser Yang Baik Untuk Berkomentar Jika Berkenan dan Koreksi Jika Salah

Atau Beri Rate Jika Thread Ini Bermanfaat




Spoiler for SUMUR:
http://www.bustle.com/articles/71382-why-cant-you-remember-your-dreams-5-questions-about-dream-recall-answered
http://www.bustle.com/articles/10869...han-we-realize


Quote:Quote:Original Posted By adit236
katanya sih dari video di yutu*b yg gw pernah denger, itu tuh karena mimpi ada di memori jarak pendek, beda dngn saat kita belajar..

Quote:Original Posted By EPepe
oh jadi gitu ya gan "mimpi hanyalah ekspresi otak atas apa yang sebenernya kita pikirkan saat sedang terbangun". Tapi kalau kasus bayi yang pada saat terbangun sering dibecandain sampai ketawa ngekek atau bayi dibecandain dengan cara kita kejar-kejar gitu, biasanya malamnya waktu tidur tiba-tiba menangis, kaya orang sedang mimpi buruk. Itu kira-kira kenapa ya gan? Ada yang bisa menjelaskan?




Quote:Original Posted By djihanibnoe
Ane udah lama gak mimpi lagi gan semenjak tahun lalu jatuh dr motor, bikin kepala ane bocor. Terus juga bikin ane jd pikun tingkat siaga 2. Mungkin itu penyebabnya ya gan. Kangen sama mimpi...


Quote:Original Posted By 3daigo
ane malah beberapa mimpi yang lama inget sampe sekarang, dan anehnya mimpi ane ibarat cerita bersambung, misal ane mimpi mendaki gunung, beberapa hari kemudian itu mimpi terulang lagi di tempat yang persis, dan itu mimpi yang jadi ingatan jangka panjang ane...


Quote:Original Posted By lutpao
wah ane salah satu orang yang bisa ngendaliin mimpi ternyata.
ane silent reader di kaskus tapi gara2 bacaa ini thread ane jadi pengen komen dan cerita pengalaman ane tentang mimpi. gak maksud melebih - lebihkan boleh percaya boleh nggak,
ane tuh sering banget inget mimpi - mimpi ane secara detail walau gak keseluruhan, mungkin bagian mimpi dramatis nya aja yang paling ane inget kuat bahkan sampai detik ini ane masih inget beberapa mimpi ane dan pacar ane selalu heran nanyain kenapa ane sering banget ceritain mimpi ane ke dia sedangkan dia selalu cerita dia gak ada mimpi apa2. sebelum baca thread ini malah ane ngerasa pacar ane aneh gak punya mimpi dalam tidur nya.
ane itu sering banget ngendaliin mimpi ane, ane bisa dalam mimpi ngerasa bisa terbang dan jadi terbang beneran, bahkan ane sering juga di mimpi itu ane sadar ane sedang mimpi. percaya gak? tapi beneran gan. jadi pernah beberapa mimpi ane dikejar2 warga tiba2 pas udah kesudut anenya ane sadar kalo itu cuman mimpi jadi ane berusaha mejamin mata sekencang2nya dan buka mata berharap ane keluar dari mimpi ane, dan saat itu juga ane beneran kebangun dan mata ane kebuka diatas tempat tidur.
ane sering juga mimpi dalam mimpi , sama kayak cerita diatas ane jadi ane tuh sadar lagi mimpi maksain buka mata dan terbuka diatas te,pat tidur tapi ternyata saat itu masih di dalam mimpi juga.
mimpi ketindihan? sering banget.. bahkan pernah ane liat jelas sosok yang buat ane susah nafas dalam mimpi tersebut walau kebanyakan cuman kakinya aja yang nampak.

kembali lagi ke agan2 boleh percaya boleh nggak, kalo agan merasa ane orang aneh, ane normal kok ane punya kehidupan sama kayak agan2, ane juga kerja disalah satu perusahaan, ane bukan orang aneh yang main2 dunia mistisan. kenapa ane komen disini? karena beberapa orang yang ane ceritain gak percaya sama ane dan berhubung jumpa ini thread ane ngerasa senang bisa ceritain tentang diri dan mimpi ane,

semoga pageone


Quote:Original Posted By kebonlangit
Kadang ane mimpiin orang yg belom pernah ane liet bre. Artinya apa tuh?


Quote:Original Posted By ra.due.aran
gw dulu sering mimpi bersambung
ceritanya bagus bagus berpetualang di negeri dongeng, sampe mengembara antar planet
sebagian masih keinget sampe sekarang


Quote:Original Posted By Respatiwww
setelah ane baca baca ada yaa yg punya kelebihan atau mungkin ane sebut istimewa bisa inget atau ngendaliin mimpi. jujur ane dr kecil sampe skrng setiap mimpi 80% inget secara detil dan bisa ngendaliin, maksudnya ngendaliin? jadi gini misalnya ane lagi lari kabur di suatu ruangan tautau ane misalnya di kepung ane bisa tuh ngendaliin tautau bisa terbang loncat ke antar gedung atau bisa ngendaliin bisa menghilang. sering banget ane kayak gini kalo mimpi Makanya ane jg bingun giliran ditanya orang ko bisa inget mimpinya atau bisa ngendaliin jawaban ane paling cumaan yaa gatau semua dr otak. page one kalo bole biar bisa dishare



Quote:Original Posted By indomerch
wah rasa penasaran ane terjawab nih gan.. jadi gini, istri ane tuh salah satu orang yg ingat betul sama mimpinya.. dan itu detail.. kadang ane nanya "kok kamu bisa inget? aku sendiri ga bisa inget mimpi apa barusan.." soalnya ane kalo mimpi paling inget sebatas.. (contoh) tadi mimpi jatuh trus masuk sungai hanyut.. sebatas itu aja yg ane inget.. kalo istri ane bisa detail ingatannya "jatuh terguling-guling kepala terhantam batu, trus teriak minta tolong pegangan rumput ga taunya ular, akhirnya jatuh kesungai, disungai ada orang pake baju putih, trus dikasih kayu sama orang itu buat pegangan, kayunya putus trus hanyut.." jadi detail banget..
ane rasa karena pada dasarnya istri ane seneng cerita, cerita kejadian yg dialaminya dalam sehari ini, dan itu detail jg.. bener jg, istri ane responsif, kalo bertanya dia ga akan puas kalo cuma dijawab dg "anggukan kepala" dan ga akan berhenti bertanya sampai ada kata dari mulut ane, minimal "iya.." atau "heemmm.."
betul istri ane sering terbangun kalo tidur, ga sih kalo tiap 30 menit.. tapi ya pokoknya sering terbangun deh..


Quote:Original Posted By toplez
kadang kalau terlalu mengingat-ingat seseorang bisa kebawa mimpi lho gan :

ane biasanya ketika bangun tidur bisa ingat mimpi ane, tapi setelah siangnya udah gak ingat lagi

apalagi kalau mimpi indah, perasaan senangnya bisa kebawa seharian walaupun mimpinya sudah tidak ingat lagi

ane kadang merasa ane pernah mimpiin kelakuan ane di masa depan gan... tapi gak bisa diingat hanya bisa dirasakan setelah kejadian itu terjadi, seperti "eh perasaan yang kayak begini pernah terjadi di mimpi ane"


Quote:Original Posted By choiminsik
bener banget aen sering gan mimpi orang yang belum pernah ketemu gan
tapi entar beberapa blan gak lama mesti ketemu sama orang yang ada di mimpi ane itu gan ..
dan ane juga sering banget mimpi temen" ane juga gan dan mimpi kegiatan keseharian ane ...
tapi kadang mimpi ane itu langsung hilang gan dan ane udah gak ingat mimpi apa semalem


Quote:Original Posted By willywinarta
gua msh ga percaya sama orang yang hafal bener mimpi apa semalem..

gua inget cuma sebagian bagian doang..

ga pernah inget samsek fullnya mimpi apa semalem


Quote:Original Posted By poca.poci
kebanyakan pikiran jadi sulit mungkin gan


Quote:Original Posted By chumiganteng
hubungan mimpi ama kesadaran sangat tipis


Quote:Original Posted By jeberjj
ane pernah mimpi ngobrol sama org yg belom gue kenal, blm gue temui, blm tau dah pokoknya
eh tiba2 berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian ketemu sama orangnya, dan ingatan ttg mimpi yg lalu itu langsung teringat jelas dibenak gue..


Quote:Original Posted By colosal
Sering dapet mimpi ketemu sama orang yang ga di kenal pas paginya lupa muka orangnya


Quote:Original Posted By afternew
karena mimpi berada di short-term memory ya?
biasanya cuman beberapa jam doang masih keinget, kalo udah lewat 24 jam dan mimpi lagi, biasanya mimpi kemaren gak keinget lagi..



Quote:Original Posted By Okutet
kadang ane pernah ngalamin kek dejavu gitu gan..



kadang juga apa yang pernah ane alamin dalam mimpi terjadi beneran kejadian di alam nyata


Quote:Original Posted By rednacinauj
apa cuman gw disini yang pernah mimpinya berlanjut?


Quote:Original Posted By perseus354
karna mimpi itu cuma ketidakhadiran kesadaran sbg pengontrol ingatan, sehingga semua memori2 yg ada tercampur2 didalam mimpi, makanya mimpi itu seringnya absurd
makanya pas udah bangun/sadar, memori2 tadi langsung kabur kembali ke tempatnya masing2

ngomong apa gue barusan

Quote:Original Posted By aji.bayu
mimpi cuman memori jangka pendek gan, kalo dah bangun ya buyar dah tuh

Quote:Original Posted By OshimaYuki
Gue juga kalo mimpi cuma inget beberapa bagian aja dan terkadang malah lupa. Gue pernah denger, mimpi itu terjadi karena kita terus memikirkan hal tersebut. Tapi emang bener sama yang gue alami walaupun gak setiap mimpi itu sama apa yang gue pikirin sebelumnya saat sadar haha.


Quote:Original Posted By kharapanji
mantab nih trit.
btw kalo sering mimpi terjatuh apa maknanya ya gan?


Quote:Original Posted By faiz.azhar
oh jadi begitu ya, iya pernah ane merasa tdur tanpa mengalami mimpi apapun, ternyata karena ane nggak inget sama sekali ya. dan untuk mimpi yang diingat dengan ditulis dan sebagainnya ini malah bisa jadi lucid dream nantinya, ane pernah baca kalau salah satu cara memasuki lucid dream yaitu selalu menulis mimpi kita sekejap setalah kita bangun untuk memperkuat memori kita saat berada di alam mimpi nanti.


Quote:Original Posted By oldgreen
Ane malah bisa mengingat mimpi2 kemarin malah, bahkan ada yg bertahun2 lalu masih bisa mengingatnya dgn jelas.


tapi kalau habis Mimpi Basah, ane malah selalu inget gan
apalagi peran mainnya sama Bos ane LOL
maho maho
Pengen mengulangi mimpi,namun tak bisa.
Alhasil,ya mewujudkan mimpi
Ngimpi becek
Ane kadang-kadang ingat, kadang-kadang lupa gan, kagak masalah asal kagak mimpi buruk aja.
minpi buruk pasti keinget
manusiawi
makan nya ane lsg cerita kalo mimpi
Quote:Original Posted By AgusCools
tapi kalau habis Mimpi Basah, ane malah selalu inget gan
apalagi peran mainnya sama Bos ane LOL


bos ente oom ya
Emg lupa gan, tapi kalo mimpiin mantan nyeseknya masih berasa
Quote:Original Posted By athariqghz
manusiawi


manusia kurang puas kalau jawabannya cuma manusiawi gan
Quote:Original Posted By reagannnn


bos ente oom ya


Busyet deh, bos ane cewek masih ting-ting gan
Mimpi ane masih membekas di celana ane gan .
Pertanda apa ya ituh ...
Hmmm gitu yak tapi gak ane baca full sih
dibikin note sehabis selesai mimpi, trus dicatet tiap detailnya.
dibiasakan begitu.

efeknya luarr byasaah loh
Quote:Original Posted By acere1451g
Hmmm gitu yak tapi gak ane baca full sih


Nanti sempetin baca gan, semoga bermanfaat
kalo mimpi basah ane suka inget sampe detil om
mimpi basa bisa diulang
Quote:Original Posted By ivony90
dibikin note sehabis selesai mimpi, trus dicatet tiap detailnya.
dibiasakan begitu.

efeknya luarr byasaah loh


udah pernah coba gan? gimana hasilnya?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar