Pages


Kamis, 30 Juni 2016

Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!

Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Quote:Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Sumber Gambar

Quote:Halo gansis ketemu lagi dengan ane nih Kali ini ane mau ikutan membahas seputar mudik yang sepertinya sudah mulai terasa di beberapa kota besar. Benar tidak sih? Sesuai dengan tradisi masyarakat kita, memang setiap menjelang lebaran pasti ada yang namanya arus mudik. Dan selalu ramai di jalan-jalan, terutama yang berasal dari kota-kota besar semacam Jakarta. Namun, hal yang akan ane bahas di sini bukan masalah arus mudiknya gansis. Tapi, sesuai dengan judul trit di atas, yakni tentang mobil dinas yang tidak boleh digunakan untuk mudik Mengapa tidak boleh? Sabar gansis, ane akan coba membahas semampu ane ya

Setiap tahun, tradisi mudik selalu terjadi di negara kita. Terutama pada waktu menjelang perayaan idul fitri atau dalam bahasa kita adalah lebaran. Para pemudik biasanya merupakan pekerja atau buruh yang bekerja di kota lain dan bisa juga mahasiswa yang sedang menempuh studi di kota lain pula. Mereka memanfaatkan momen liburan di hari raya dengan mengunjungi kampung halaman, agar dapat berkumpul bersama keluarganya yang mungkin sudah cukup lama ditinggalkannya.

Quote:Quote:Melanggar Peraturan Sudah Dianggap Biasa
Quote:Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Sumber Gambar

Quote:Bermacam-macam sarana atau fasilitas transportasi yang digunakan oleh para pemudik. Ada yang menggunakan bus, kereta api, pesawat, kapal laut, mobil pribadi hingga sepeda motor. Dari bermacam-macam alat transportasi tadi, ada yang berbayar menggunakan kendaraan umum. Tapi ada pula yang gratis karena difasilitasi oleh perusahaan tempat mereka bekerja atau gratis karena memang program dari pemerintah terkait. Dalam hal ini adalah dinas perhubungan Namun, di antara pemudik tadi ternyata ada yang tidak mau menggunakan kendaraan-kendaraan umum yang telah ane sebutkan tadi Lantas mereka mudik menggunakan apa? Mereka mudik menggunakan mobil dinas gansis Padahal, sesuai peraturan Permenpan no.087 tahun 2005, mobil dinas tidak boleh digunakan untuk mudik Dan biasanya pemudik yang memanfaatkan fasilitas mobil dinas untuk keperluan mudik adalah oknum pejabat atau oknum PNS Ingat gansis, hanya sebatas oknum saja ya dan ane di sini tidak bermaksud meng-generalisir semua pejabat atau semua PNS seperti itu. Masih ada kok pejabat atau PNS yang masih memiliki rasa MALU menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik Sedangkan mereka yang sudah terbiasa menggunakan mobil dinas, mungkin juga sudah terbiasa melanggar peraturan yang ada Salah satunya peraturan dari menteri PAN yang melarang mobil dinas untuk mudik, isinya di poin berikutnya ini gansis

Quote:Quote:Peraturan Yang Melarang Mobil Dinas untuk Keperluan MudikQuote:Sudah ane singgung sedikit di poin di atas, bahwa mobil dinas memang tidak boleh digunakan untuk mudik sesuai dengan Peraturan Menteri PAN No. 087 Tahun 2005 Tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan Dan Disiplin Kerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara

Penggunaan Kendaraan Dinas Operasional

a. Kendaraan Dinas Operasional hanya digunakan untuk kepentingan dinas yang menunjang tugas pokok dan fungsi.

b. Kendaraan Dinas Operasional dibatasi penggunaannya pada hari kerja kantor,

c. Kendaraan Dinas Operasional hanya digunakan di dalam kota, dan pengecualian penggunaan ke luar kota atas ijin tertulis pimpinan Instansi Pemerintah atau pejabat yang ditugaskan sesuai kompetensinya.


Dari aturan di atas terpampang jelas, bahwa mobil dinas hanya boleh digunakan untuk kepentingan dinas saja gansis Pertanyaan klasik yang muncul di benak kita, apakah keperluan mudik termasuk kepentingan dinas?

Quote:Quote:Mobil Dinas Bukan untuk Kepentingan Pribadi
Quote:Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Sumber Gambar

Quote:Masih ane singgung pertanyaan di atas, apakah keperluan mudik termasuk kepentingan dinas? Anak kecil saja bisa menjawab, bahwa urusan mudik itu tidak ada sangkut pautnya dengan kepentingan dinas. Karena mudik sudah termasuk kepentingan pribadi gansis Ane rasa sangatlah tidak pantas dan tidak etis jika ada oknum pejabat atau oknum PNS yang masih menggunakan fasilitas mobil dinas untuk kepentingan pribadi. Apa kata dunia? Mereka tidak seharusnya mencampuradukkan antara urusan pribadi dengan urusan dinas (urusan publik). Jika mereka saja sudah memberikan contoh yang tidak baik, bagaimana dengan kita-kita sebagai rakyat biasa Oleh sebab itu, ane di sini menghimbau (meskipun sejatinya ane ini bukan siapa-siapa sih, tapi mudah-mudahan mereka mau mendengar) kepada para oknum pejabat atau oknum PNS di manapun berada, agar tidak lagi menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi. Dalam hal ini urusan mudik, tapi bukan berarti urusan pribadi lainnya boleh loh gansis Masih banyak kok transportasi lainnya yang sudah tersedia di pasaran Atau jika tidak mau berdesak-desakkan, silahkan menggunakan mobil rentalan. Itu juga sudah banyak tersedia, Setuju?

Quote:Quote:KPK Menghimbau Agar Mobil Dinas Tak Digunakan untuk Mudik
Quote:Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Quote:Tidak hanya larangan dari menteri PAN saja terkait penggunaan mobil dinas untuk mudik, dari KPK juga muncul himbauan agar para pejabat dan PNS tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik Himbauan ini ane kutip dari tempo gansis:

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mengimbau para pejabat dan pegawai negeri sipil tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik. "Mobil dinas bukan untuk kepentingan pribadi," kata Laode saat dihubungi Tempo, Selasa, 21 Juni 2016.

Laode berujar, imbauan untuk tidak menggunakan mobil dinas saat mudik sangat jelas. Ia menegaskan, tidak boleh pejabat mencampurkan urusan pribadi dengan publik. Ia menilai itu adalah prinsip utama dari asas pemerintahan yang baik.

Menurut Laode, mobil dinas seharusnya hanya digunakan para pejabat untuk urusan kantor atau dinas. Penggunaannya pun sebaiknya pada jam kantor. Ia mencontohkan, di KPK, mobil dinas hanya digunakan untuk urusan kantor dan dinas.

Laode mengimbau instansi lain bisa mengikuti KPK. "Kami berharap instansi negara yang lain hanya menggunakan mobil dinas untuk kepentingan tugas atau dinas," ujarnya. Sumber

Quote:Quote:Sanksi Tegas Menanti Bagi yang Nekad Memakai Mobil Dinas untuk Mudik
Quote:Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Quote:Peringatan tersebut keluar bukan dari mulut ane gansis tapi dari mulut menteri PAN sendiri. Beliau menyatakan akan memberikan sanksi tegas berupa penurunan pangkat atau bahkan pencopotan jabatan, jika masih ada oknum-oknum yang menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik gansis. Berikut pernyataannya yang ane kutip dari Antara

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi melarang pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik Lebaran 2016.

"Kalau dulu PNS pakai mobil dinas masih kami toleransi, sanksinya hanya mendapat teguran, namun sekarang kami pertegas dengan penurunan pangkat atau pencopotan jabatan," kata Yuddy saat melakukan Safari Ramadhan di Polres Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat petang.
Sumber

Quote:Quote:Meski Dilarang, Tetap Ada yang Membolehkan
Quote:Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!Sumber Gambar
Quote:Meskipun sudah secara tegas ada larangan penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik, terutama dari menteri PAN sendiri, namun ternyata masih ada beberapa daerah yang 'membandel' dengan membolehkan para pegawainya menggunakan mobil dinas untuk keperluan tersebut di atas. Dalih atau alasan yang digunakan memang masuk akal sih Salah satunya adalah takut hilang dicuri orang jika mobil dinas parkir di kantor atau di rumah PNS yang bersangkutan Kalo memang seperti itu alasannya, komputer-komputer kantor yang berisi data-data penting seharusnya juga ikut dibawa mudik ke kampung halaman gansis Karena menurut ane, komputer-komputer tadi juga tidak kalah pentingnya dari mobil dinas Kalo sampe hilang dicuri orang kan bisa berabe gansis Memang seperti itulah kondisinya, demi membenarkan sesuatu meskipun melanggar peraturan, berbagai jurus ampuh dikeluarkan Apa kata dunia?

Quote:Demikian tadi gansis, sedikit tulisan ane yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua Dan semoga tidak ada lagi oknum-oknum yang menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi gansis. Terimakasih.

Quote:Mampir ke trit ane yg lain:

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA
mantra berhasil pertamax pertama
Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!
Komen Kaskuser

Quote:Original Posted By hansipkaskus44
kalo ketauan suruh turun aja.. mobilnya sita.. suruh mudik jalan kaki.


Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!


Quote:Original Posted By spidcom_2000
Banyak yang lupa sama warna platnya. Sudah jadi tradisi di mari gan, daripada ditaruh di kantor ndak ada yang rawat mendingan dibawa pulang sekalian ntar dirawat dirumah. Atau dibikin semacam sayembara pengaduan masyarakat saja kalau ada yang liat plat merah berkeliaran selama libur lebaran akan mendapat thr dari menteri pan.


Quote:Original Posted By eviliannomercy
memang sudah seharusnya untuk keperluan pribadi tdk boleh pakai fasilitas negara, tapi jangankan mudik, nganter anak sekolah jg nggak jarang ane liat platnya merah gan


Quote:Original Posted By Pak.Prabu
biasanya suka diganti dulu pake plat item. jadi gak ketauan deh kalo pake mobil dinas.


Quote:Original Posted By yooyoy
Setuju, atau sebaiknya mobil2 plat merah itu di pinjamkan buat transportasi mudik rakyat jelata aja g mana ? Mobil2 itu kan dibeli dan rawat pake uang rakyat, pejabat bisa make sepanjang tahun,, msk yg bayaran ngak bsa ngerasain make mobil plat merah ?


Quote:Original Posted By jablaym4ntap
Yakin d turunin pangkat? gertak sambaL,, pns sudah byasa kerja zantai tnpa tekanan, d tekan sperti itu g bakal bkin nyali Oknum kisut


Quote:Original Posted By hero404
barusan ane liat ada berita yang lagi mantau jalan mudik, eh di belakang ada plat merah lagi melintasin reporter


Quote:Original Posted By nubi4gooner
same problem, same shit...
this is not about rule, this is about morality and way of life...
it was easy to follow the rule and gain something to be someone's benefit. but the morality will know whether the rule is trully followed or not..


Quote:Original Posted By irfanthar
biasanya seminggu sebelum mudik, mobil mobil yg plat merah itu, suka sengaja di cat hitam, biar gak keliatan mobil dinas, atau bikin plat hitam dengan nomor yang sama, hal itu sudah biasa terjadi, kalo agan agan sering mengamati

orang indo itu kreatifnya setengah mati gan


Quote:Original Posted By patsy76
Bwt yg nemu kendaraan plat merah bwt mudik mari foto, laporkan dan blow up ke medsos biar jdi terkenal
Muehehehe


Quote:Original Posted By the.oan
setau ane mobil dinas ada 2 yang pertama operasional yang kedua jabatan yg bs ente pake sesukanya. cmiiw


Quote:Original Posted By ashton.kucek
Selow lek, tuk medan-kisaran-tapsel-padang-pekanbaru nti eke pulkam keliling sumatera bantu catatin/potoin tuh plat merah yg dpake mudik djalan2 abis tuh kt publish rame2, oyee kam rasa #Bensin Angkot uda pulteng baju celana baru sep uda d borong ampek sempak2ny d emol semalam tinggal setel ganteng pulkam moga dpt jodoh aduhaii kembang desa dkampung ntap oi


Quote:Original Posted By esbatulembek
Kalo menurut gw sih drpd nganggur yah gak masalah
Toh yg tanggung bensin dia juga

Gak usahlah terlalu dibesar-besarkan


Quote:Original Posted By silent.stalker
Pejabat yg mudiknya pake mobil plat merah gue sumpahin ngga pernah nyampe kampung dan ngga pernah balik lagi.


Quote:Original Posted By jin.bot
stuju gan.. klo rusak yg tg jawab siapa ntar... enak aja duit rakyat dipake kpentingan pribadi


Quote:Original Posted By the.darn.knight
bener gan
namun pada prakteknya banyak kejadian

kalo ada yang ketemu di jalan Foto & aduin aja gan!


Quote:Original Posted By rasyidlien
Mau mudik modal donk wouy,,

ya begitulah... asas pemanfaatan yg salah kaprah,Dia kaga tau kali semua ada pertanggungjawabannya


Quote:Original Posted By bagoeshebat


Yg tidak boleh itu mobil dinas oprasional bro, tau kan bedanya mobil oprasional dan mobil holder ??
Mobil dinas oprasional itu mobil yg ada dikantor dan memang ga boleh dibawa pulang.
Nah klo mobil dinas holder itu yg dibaea pulang. Biasanya yg dikasih sekertaris ke atas atau eselon 1 2 3
Nah klo mobil dinas holder masih boleh dipake bwt kepentingan lain2. Contoh : anter anak ke sekolah bla bla lainnya.

Gw ga bela sape2 tp emang gt peraturannya. Dan gw bukan pns, gw pegawe bumn mudiknya pake umum


Quote:Original Posted By EnzDavid
mantap gan jadi HT.
pasti bakal banyak yang ngelanggar gan kalo sanksinya beneran sih bakal mantep nih


Quote:Original Posted By gemblehjoss
Mobil dinas harusnya buat angkutan mudik buat yang ngga mampu biar bisa mudik, itu kan mobil rakyat juga


Quote:Original Posted By lee_syaoran
Percuma buat thread di Kaskus gan.
Emang ada pejabat yg baca kaskus?
Khan yg suka bawa mobil dinas mah pejebat sekelas kepala seksi keatas yg notabene mampu.
Pelaksana yg kroco2 mana ada yg bawa mobil dinas. Paling dapet juga kendaraan dinas roda dua doank.


Quote:Original Posted By hansip.007
sah sah aj selama make nya buat
nganter rakyat mudik,
termasuk keluarga juga rakyat kan
Wkkkwkkkk


Quote:Original Posted By pulpe
yg bgini kesadaran dirinya aja ga ada........ sudah ga pantas jadi pejabat....... pecat langsung......




Quote:Original Posted By Yz_Byte
Semoga yg merasa malu bukan dari plat merah dari jakarta doang. Smoga seluruh indonesiaa..

#IndonesiaMaju #semangatmudik


Quote:Original Posted By 220V
Gak ada mobil dinas ane, Gan.
Siap2 nyatet biar copot tuh jabatan

ngiri mode on
Quote:Original Posted By yurdanikhan
jagshs


buset dah....mantra apaan tuh gan
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
buset dah....mantra apaan tuh gan

sekali sekali pake mantra keduluan mulu

Peraturan dibuat untuk dilanggar..

Liat aja ntar juga banyak yg pke plat merah pas mudik..
selagi ada jabatan knp ga digunakan semaksimal mungkin
Aji mumpung bray
gag boleh lah bray,,
tapi bisa ngeles ada tugas di kampung
waduh sampe pecopotan jabatan
noh yg plat merah CATET tuh
Mobil Dinas yah gan
Daripada nganggur di rumah, beliin plat Hitam sementara biasanya
kere amat yg mudik pakai mobil dinas.
Semoga para pejabatnya gak pake mobil dinas lg deh buat mudik, dan semoga jg yg berwenang terhdap itu tegas jk misal ada yg msh melanggar.

Indonesia men..
Catat Nih, Mobil Dinas Tidak Boleh Digunakan untuk Mudik!

banyakan ganti plat item
welcome to indonesia


petugas yg nyalah gunain jabatan,,,barang dinas kok di pake cem barang pribadi
pasti tetep ada yang bandel pake mobil dines gan,,
kan tinggal ganti plat item aja...
Perasaan dari dulu emang gak boleh kan?? Cuma oknumnya aja yang pada bandel gak tau malu
Nice trit and info gan,sangat inspiratif
Emang sudah ketentuan dari lama ini gan
yep bener banget itu.
mobil dinas ndak boleh buat pribadi harusnya.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar