Pages


Senin, 27 Juni 2016

Menghadapi A Pervert atau Copet di Angkutan Umum (Based on My Experience)

Self Defense Knowledge - The Power of Elbow

Menghadapi A Pervert atau Copet di Angkutan Umum (Based on My Experience)

Dear Sistas

Ane pingin sharing sedikit pengalaman ane saat menghadapi seorang pervert atau mungkin juga copet. Semoga bermanfaat untuk sistas semua


Kejadian ini terjadi kira-kira 2 tahun yang lalu saat ane naik bus AC dari Tangerang ke arah Sudirman (kantor ane). Waktu itu ane kesiangan bangun dan pas masuk bus.... semua kursi sudah ada yang menempati dan akhirnya ane pun harus rela berdiri sambil menatap sedih ke arah jendela


Tidak lama setelah ane masuk ke bus, masuklah seorang pria - tidak terlalu tinggi - membawa tas selempang ukuran besar tapi terlihat seperti tidak ada isinya (ini aneh banget) dan dia pun akhirnya berdiri di samping ane. Waktu itu ane belum ada firasat apa-apa mungkin karena ane asik pakai earphone dan pandangan ane lebih sering menerawang jauh ke arah jendela. Posisi ane berdiri waktu kira-kira 4 sampai 5 kursi kearah belakang dari pintu tengah. Saat ane pindah posisi berdiri kira-kira 1 bangku ke arah depan, pria tadi pun ikut maju juga tepat disamping ane. Ane udah mulai ngerasa gak enak waktu itu apalagi pas ane perhatikan tas selempang ukuran besar yang kempes itu dia taruh tepat di depan perut dia. Ane coba untuk melangkah maju lagi 1 langkah kali ini mendekati pintu tengah yang memang tidak digunakan untuk menurunkan penumpang, eeeh itu orang ikutan maju juga malahan kali ini dia berdiri tepat di belakang ane sis padahal ada tempat lebih lega disekitar dia.


Ane mencoba untuk tetap tenang saat itu. Pelan-pelan ane rogoh tas selempang ane yang posisinya ada di kiri ane, ane pindahkan tas ane ke perut ane, ane matikan mp3 yang sedang ane dengarkan lalu ane kendorkan posisi earphone agak jauh dari telinga supaya ane bisa dengar suara-suara yang mungkin timbul dari sekitar ane. Bener aja sis.... Ane bisa dengar suara napas pria itu terengah-engah tepat belakang ane sis!! Waktu itu lagi marak banget di berita dalam negeri pria mesum yang beroperasi di dalam angkutan umum. Ane putar otak apa yang harus ane lakukan saat itu karena feeling ane udah gak enak banget. Ane sok-sok melihat ke arah sepatu ane padahal sekaligus melihat keadaan sekitar ane sambil mikir.


Tiba-tiba ane teringat salah satu komik favourite ane "Kenji"
Menghadapi A Pervert atau Copet di Angkutan Umum (Based on My Experience)
Ane ingat pesan dari kakek nya Kenji, sis "Siku tanpa dilatih sudah kuat" Lalu ane mikir gimana caranya supaya sikutan ane mantap bertenaga. Ane pun ingat pesan kawan ane anak pencak silat untuk memutar pinggang agar gerakan tangan lebih bertenaga.
Btw, kawan ane anak pencak silat ini juga yang waktu itu ngasih tau ane komik Kenji karena tau ane suka hal-hal yang berbau seni bela diri (ane dulu sempat beberapa kali ikut kelas bela diri tapi gak bertahan lama karena kesibukan ane).


Ane spion lagi sekitar ane terutama belakang ane dengan cara pura-pura melihat ke arah sepatu ane. Akhirnya ane putar pinggang ane kearah belakang, ane geser kaki kanan ane kearah belakang sambil mengangkat dan mendorong siku ane sejajar dada ane kearah belakang juga dengan cepat. Buuuuukkkkk!!!
Menghadapi A Pervert atau Copet di Angkutan Umum (Based on My Experience)
Sikutan ane tepat kena dada si pria aneh itu, sis!!! Orang-orang sekitar ane langsung pada ngeliat ke arah ane tapi ane gak teriak atau bicara satu katapun karena ane fokus sama pria aneh itu.


Ekspresi pria itu kaget sambil kesakitan dia pegang dada dia Dia pun melangkah mundur ke arah kursi belakang menatap saya ketakutan. Saya pun membalas tatapan dia dengan tatapan ala Susana Tidak lama setelah itu dia turun dari bus

Beberapa bulan setelah kejadian itu, ane naik bus AC yang berbeda dari sebelumnya. Eeeeh ternyata saya melihat ada pria mesum itu lagi Dia lagi asik duduk persis di dekat saya (saya sedang berdiri karena tidak dapat tempat duduk). Tiba-tiba pria mesum itu berdiri dan menawarkan saya tempat duduk, sis Saya pun mengucapkan terimakasih.

Sejak kejadian itu saya langsung ikut lagi kelas beladiri dan bertekad suatu hari nanti saya ingin sekali bisa mengajarkan self defense untuk wanita dan anak-anak

Tips dari ane :

1. Perhatikan sekitar sista jika sista ada di tempat ramai atau angkutan umum.
2. Trust your instinct. Kalo sista udah mulai ada perasaan gak enak, langsung putar otak untuk menghadapi keadaan terburuk yang mungkin terjadi.
3. Pelajari basic self defense untuk jaga diri sista.
4. Siku itu bagian tubuh kita yang terkuat meskipun tanpa dilatih dan ini bisa jadi senjata sista di saat keadaan genting.
4. Berdoa sebelum bepergian ke luar rumah jangan lupa, sis

Sekian thread dari ane, sis Semoga bermanfaat.

Ane boleh minta cendol nya ya agan and sis


SHARING IS CARING








Di dufan byk perverts sis apalagi klo rame antrinya siap2 dipepetin dah (pengalaman pribadi) ngakalinnya pas antri jgn ngebelakangin ya, ane lgsg pasang badan miring gt senderan di pagar antrian biar ga diapa2in.....
Wah iya hati-hati sis. Mereka memang pada umumnya memanfaatkan situasi seperti itu untuk beroperasi. Trims banget tips nya "badan miring"

Take care, sis!

*Oh iya, boleh di share kalau memang sista rasa perlu untuk di share karena banyak sekali perempuan yang belum tau the power of elbow strike ini.
aku sempet ikut beladiri, memang sih sikut itu uda keras darisananya, belum lagi kalo gak salah baca sikut itu termasuk area yg paling 'tahan' sama rasa sakit..
cobain aja cubit kulit di bagian sikut.. gak kerasa apa-apa kan?

tapi yg jelas kalo memang lagi apes ketemu pervert ato yg gerak-geriknya mencurigakan, ya kitanya juga mesti siap-siap, jgn langsung parno sama panik..
aturannya gampang aja:
sikut ke muka,
lutut ke perut / anu-nya si pervert,
sama 'shuto' ke leher..

oya, shuto itu bagian di tangan yg biasa dipake buat mecahin batubata / balok es kalo lagi demo..
Hahaha bener banget,sis! shuto=Karate chop?

kalo untuk menyerang titik rawan pakai sikut: diatas perut dikit-ditengah bawah dada dikit (bagian ulu hati), wajah dan... Tengkorak kepala.

Kalo sista gak tegaan orangnya, bisa juga pukul pakai tangan terbuka (tampar) ke arah telinga, rahang bawah kanan/kiri, hidung.

Biasanya kan klo perempuan reflek tangannya nampar jarang yang mukul dengan kepalan tangan tertutup seperti boxing kecuali memang ikut beladiri *apes banget itu pervert

Thanks banget udah ikutan sharing,sis! monggo di share. Semoga makin banyak perempuan yang tau basic self defense ini.

Take care, sis!

Quote:Original Posted By kungrafifu
Hahaha bener banget,sis! shuto=Karate chop?

kalo untuk menyerang titik rawan pakai sikut: diatas perut dikit-ditengah bawah dada dikit (bagian ulu hati), wajah dan... Tengkorak kepala.

Kalo sista gak tegaan orangnya, bisa juga pukul pakai tangan terbuka (tampar) ke arah telinga, rahang bawah kanan/kiri, hidung.

Biasanya kan klo perempuan reflek tangannya nampar jarang yang mukul dengan kepalan tangan tertutup seperti boxing kecuali memang ikut beladiri *apes banget itu pervert

Thanks banget udah ikutan sharing,sis! monggo di share. Semoga makin banyak perempuan yang tau basic self defense ini.

Take care, sis!


huuh sis..


yup, ulu hati juga..
kalo bahas soal gak tegaan, nantinya malah kita yg jadi korban sis..
yg penting sih minimal cara cepat untuk melumpuhkan, gak usah sampe melukai banget nget ngeeett.. jadinya kita juga ada waktu buat lari sejauh mungkin..
wihhh manteeppp siss bisa saya tiruin ni
entee dari tangerang ya sis anee juga dari tangerang sis
biasa nunggu bis di daerah palem bukan

kalo saya adaa pengelaman yg ga enak ni pas mau balik dari kp. melayu ke tangerang
jadi ada pengemis nyanyi gitu maap ya sis gagu saya ga kasih saya ehh dia malah maksa berkali kali tetep saya ga kasih.
saya plototin ajaa trs saya katain ga dikasih si maksa suka kesel kalo udh kaya gitu

apalagi patas yg ke arah senen sis ati ati lohh banyak copetnya
Âne nunggu di depan Mega Mall Ciputat biasanya, waktu itu masih tinggal di rumah tante soalnya. Sekarang âne udah pindah, tinggal di Jakarta Selatan.

Iya sis semoga bisa menginspirasi 😀

Wah.. Sis waktu itu menolak untuk ngasihnya seperti apa?

Hati-hati ya sis 😊

sist apa ga takut si pria mesum tsb balik nyerang ente habis ente nyerang duluan?
Gak takut, soalnya bus nya ramai sis dan âne di posisi yang benar âne udah emosi waktu itu, jadi apapun yang terjadi âne udah siap demi membela harga diri #tsaaaah
Quote:Original Posted By vitawulandari


Pepper spray memang self defence paling simple untuk wanita. Efeknya bisa membuat orang yang terkena bersin, ganguan tenggorokan hingga menangis selama lebih dari 10 menit. Efek pepper spray akan berpengaruh hingga radius 2 meter di sekeliling area yang terkena semprotan pepper spray sehingga kita dapat menghindar / melarikan diri.

Aternatif lain bisa pakai aerosol spray lainnya seperti parfum atau pewangi ruangan. Kalau saya sih kemana2 bawa ini

Spoiler for :
Menghadapi A Pervert atau Copet di Angkutan Umum (Based on My Experience)


Sedikit tips menghindari tindakan pencopetan di angkutan umum:

  • Pakailah perhiasan sewajarnya, jangan memakai perhiasan yang mencolok dan berlebihan sehingga sista kelihatan seperti "Toko Emas Berjalan".
  • Jangan memperlihatkan handphone sista apalagi menyimpannya di saku depan kemeja sista ataupun menggunakan handphone sista di dalam angkot.
  • Jangan menaiki angkot yang penumpangnya sepi atau sedikit. Kalau terpaksa naik karena sista buru-buru, naiklah di kursi sebelah supir atau di depan.
  • Jika Ada penumpang yang menawarkan jasa memijat kaki, sebaiknya sista menolaknya, atau jika ada penumpang yang muntah atau mau muntah di depan sista, agar sista waspada terhadap barang bawaan sista.
  • Jika situasi mulai mencurigakan, sebaiknya sista turun dari angkot tersebut dan pindah ke angkot yang lain. Lebih baik rugi beberapa ribu rupiah daripada sista kehilangan handphone atau dompet sista

Untuk tips lainnya bisa kesini ya: [WASPADA !!!] Berbagai MODUS KEJAHATAN & TIPS menghindarinya


thanks sist, berguna banget ni informasi dan tipsnya

btw, kalo ada yang tau dimana beli pepper spray, kasih tau aku ya, wkwkw
tapi sejauh ini sih, aku mendingan kemana mana ditemenin suami deh, biar ada yang belain. #tsah

kalo pas aku lagi sendiri:
  • paling aku selalu kasih tau nopol kendaraan yang aku naiki ke suami atau orang terdekat
  • selalu nyalain location di hp
  • send location ke suami juga
  • set speed dial ke orang yang paling dekat
  • jaga jaga bawa parfum buat pengganti pepper spray
Sama2x sis

Wah, nanti aku coba cariin pepper spray nya ya sis.

Cakep tips nya well-noted, sis! Kemana-mana âne lebih sering sendirian sis
boleh jg tuh.. jd inget kejadian d angkot tangerang. waktu jaman ane sekolah dlu dalem angkot biasa nya klo gak bpak2 taw cwo msh muda suka ngemainin mainan nya d depan cwe2 anak sekolah (termasuk ane). pelecehan seksual jaman segitu bkin ane trauma mpe sekarang..
Ya ampun

Trauma nya seperti apa sis kalo ane boleh tau?

Iya sis ane suka marah kalau denger ada pelecehan gitu yang korbannya kebanyakan perempuan dan anak-anak

Jadi makin termotivasi tuk bisa ngelatih wanita dan anak-anak self defense.

Trims banget udah sharing disini, sis
Bawa bekas semprotan botol parfum, isi air cabe...
Kalau ga cuka murni
Itu yg ane ajarin ke adek cewe ane yg sering naik angkutan umum
Quote:Original Posted By intanasara
thanks sist, berguna banget ni informasi dan tipsnya

btw, kalo ada yang tau dimana beli pepper spray, kasih tau aku ya, wkwkw
tapi sejauh ini sih, aku mendingan kemana mana ditemenin suami deh, biar ada yang belain. #tsah

kalo pas aku lagi sendiri:
  • paling aku selalu kasih tau nopol kendaraan yang aku naiki ke suami atau orang terdekat
  • selalu nyalain location di hp
  • send location ke suami juga
  • set speed dial ke orang yang paling dekat
  • jaga jaga bawa parfum buat pengganti pepper spray


padahal udah mastah, tapi masi jaga2
ane jg mau cerita sis, ini pengalaman ane wkt kelas 2 SMP (skrng aku udh kuliah) jd wkt itu aku&tmn2 SMP mau main krmh temenku. singkat cerita ane dan 5 org temen ane naik angkot jurusan kp. melayu - pulogadung, posisi duduk kita misah, jadi yg 3 duduk dikursi yg untuk 6 org dan yg 3 lg duduk dibangku utk 4 org (ane duduk dibangku yg utk 4org)

jadi dibangku yg utk 6 org itu ada bapak2 (kira2 kl diliat dr penampilan sekitaran umur 47thn keatas) duduk persis dibelakang bangku supir persis&disebelah 3org tmn ane sis, skip skip skip jd tmn ane yg duduk disebelah ane bilang "itu bpk2 ngapain sih drtd tangannya naik turun" ane inget bgt bpk2 itu bawa tas persis bgt kyk yg sis ceritain (bawa tas kosong, ditaruh diatas paha nutupin selangkangan)

awalnya ane ga mikir aneh2 sis eh mungkin ane lg sial ya, ane ngeliat bapak2 ini lg "manasin" mr.p nya sis (jd bapak2 ini nyalain korek dibawah mr.p nya sambil di elus2) sambil ngeliatin muka kita satu persatu sis, ane wkt itu blm ngerti tp skrng ane yakin bgt bpk2 itu kelainan. ya Tuhan ane msh kls 2 SMP wkt itu jd gatau hrs gmn, lgsng aja ane berentiin angkot dan ngajak semua tmn2 ane turun dan blg ke supirnya "bang itu bapak2nya serem"

jadi gt sis pengalaman ane, smg jgn ada lg sista2 yg ngalamin kejadian kyk gini. kita sbg perempuan hrs berani speak up!
noted sis!
elbow ya
pepper spray

ane untungnya blom pernah kena (dan jangan sampeeee)
cuma dulu kaya diliatin gitu didalem busway jaman sma
dan ane tuh paling ga suka diliat gitu kan, macem om-om gitu

karena ga nyaman, ane turun dari tuh busway

untung skrng mah udh ada tmpt khusus wanita
Wuah.. thread-nya inspiratif, sist..
Ane sendiri seneng liat video2 tutorial krav maga di youtube walopun gak pernah nyoba latihan langsung..
Ohya, ane pernah baca, katanya parfum/cologne spray biasa juga udah cukup kok bikin pelaku shock dan penglihatannya perih+kabur sesaat, jadi ada cukup waktu buat kita kabur.. makanya ane sih selalu bawa cologne spray ke mana2 buat jaga2, sama payung lipet juga, mayan tuh bisa dipake buat mukul kalo keadaan terpaksa..
Tapi mudah2an sih kita semua gak akan ngalamin kejadian buruk yg membahayakan yaa sist.. amiinn
jangan lupa bawa ini sist :

Menghadapi A Pervert atau Copet di Angkutan Umum (Based on My Experience)

tapi nyemprotnya jangan melawan arah angin kalo gak mau jadi senjata makan tuan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar