Pages


Minggu, 19 Juni 2016

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#nostalgia #bolang #tanaman #survival
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Quote:Mudah2an ga repost.
So, kalo repost or ada artikel yang mirip tolong kasih tau!
Ntar trit ini gw tandai repost n jangan lupa linknya
Thanks!

Spoiler for :
mudah2an no repost

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Quote:
Bolang (Bocah Petualang)
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Tau si Bolang kan? Itu tuh acara di Tipi Karpur Mega Benk yang nyeritain n ngajak anak2 untuk maen di luar rumah n mengeksplor daerah sekitar rumahnya. BTW, ane dulu juga pernah jadi bolang pas kecil gan. Nih taneman2 yg pernah ane makan dulu.
Quote:
TRIVIA :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

BTW, buat pecinta alam atau org2 yg hobi daki gunung, beberapa taneman2 ini ternyata adalah taneman2 survival yg biasa dimakan. Selain itu ternyata sebagian berkhasiat obat. Di 5 CM ga dikasih tau soal beginian kan? Soalnya kan mereka kan cuma main pilm, harusnya ngasih tau juga ilmu survivalnya.

..: DISCLAIMER :..
ALL IMAGES BELONG TO ORIGINAL OWNERS

Quote:1. Sentiet

Spoiler for sentiet:

Tau deh nama aslinya dalam Bahasa Indonesia apaan. Nih taneman buahnya kayak markisa tapi kecil. Biasanya sih di semak2 tumbuhnya. Di tanah kebon deket perumahan t4 tinggal ane masih bisa ketemu nih.
Quote:2. Ciplukan

Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Dulu nyebutnya sih ciplukan (bhs Jawa), tapi temen2 n orang2 daerah ane nyebutnya Cecendet (bhs Sunda). Kalo muda pahit2 gimana gitu rasanya. Kalo ud tua, mateng, jadi aga2 kuning putih warnanya, apalagi yg aga besar lumayan rasanya manis tetep ada pait2nya. Semakin besar buahnya, kalo mateng semakin manis daripada yg mateng tapi kecil. Ane taunya cuma 2, yg hijau2 kuning n hijau bercak2 ungu (yg hijau bercak2 ungu lebih manis). Pas search di google ternyata varietasnya banyak n baru tau ternyata buah ini bisa untuk obat. Kebetulan awal puasa kemaren pas pulkam ga sengaja nemu di belakang rumah ortu.

Pas kelas 2 SD ada temen, anak pindahan dari Jakarta, keheranan ngeliat bocah2 kampung ane makan beginian. N sampe dia sekarang punya anak 2, ga pernah makan ini taneman.
Quote:3. Jagoan Neon

Spoiler for ini bunganya n buahnya:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Buahnya yg dimakan. Orang di daerah ane sih nyebutnya Harendong (bhs Sunda). Tapi ane sama temen2 dulu lebih populer nyebutnya Jagoan Neon. Soalnya kalo dimakan tuh lidah kita bisa jadi ungu2 kayak abis makan permen Jagoan Neon. Ada yang bilang sih makanan ular, padahal aslinya sih makanan burung pipit atau burung2 yg di sawah/rawa2 ini. Tapi dihembat juga sama ane (bisa dimakan manusia, enak kok). Rasanya manis kek ada pait2nya

Dulu sih waktu kecil banyak di kebon2 atau sawah2 di sekitaran rumah ortu. Sekarang masih ada sih tapi udah jarang soalnya daerah2 persawahan ud banyak berubah jadi rumah. Terakhir makan nih taneman pas KKN sekitar tahun 2011.
Quote:4. Droax

Spoiler for Penampakan Pletokan + Buah Droax.:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
bukan maenan bambunya tapi buahnya kecil2 itu

Ada yg pernah makan tuh peluru ga? Kalo udah tua warnanya jadi coklat2 sawo, rasanya asem2 manis sepet rasanya. Kalo masih ijo rasanya asem2 dominan sepet dan ada pahit2nya. Ga tau nama Indonesianya, cuman temen2 dulu bilangnya Droax. Namanya keren kan? Nih buahnya bijinya berserat2. Buah ini biasanya dijadiin peluru untuk senjata legendaris, Pletokan (generasi 90an n sebelumnya pasti tau nih).
Quote:5. Blimbingan

Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Nih taneman aslinya sejenis gulma. Buahnya kecil n rasanya asem (daunnya juga asem) tapi seger bikin mata melek (asem soalnya). Kalo udah tua bijinya item, masih asem tapi ga enak lagi soalnya bijinya pait kalo udah tua. Entah kapan terakhir makan nih taneman. Kambing aja suka nih taneman.
Quote:6. Seri/ Ceres

Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Dulu kalo mau nyari ini susah bener, soalnya hampir ga ada di kampung ane dulu. Sekarang, kalo taneman2 yg laen ud langka, nih taneman malah banyak di pinggir jalan or di taman2. Bahkan di tembok lt.2 sebelah rumah pun tumbuh. Rasa buahnya manis.

BTW yg pernah pencet nih buah sampe croot, bandingin deh, dalemnya jadi kek eek burung/ kalelawar kan?
Quote:7. Buah Salam

Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Tau daun salam? yg biasa buat bumbu masak? Nah buahnya juga bisa dimakan. Kalo ngambil daunnya, bakal dimarahin sama yg punya tapi kalo buahnya malah engga. Terakhir kali makan nih buah pas SMA.
Quote:8. Kembang asem

Spoiler for :

Nah kalo ini dulu nemunya di lingkungan sekitaran banyak. Bunga n batangnya yg warna pink itu rasanya asem. Sekarang sih udah hampir ga ada. Paling2 di pot tetangga. Oh ya, ane baru tau kalo nama Indonesianya BEGOnia Pink.
Quote:9. Jambu Monyet n Kacang Mete

Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Ada yg pernah coba makan keping bijinya yg ud tumbuh jadi tunas? Ane pernah n rasanya lumayan enak udah ga ada sepat2nya .
Kalo ini sih yakinlah banyak yg makan, sampe sekarang aja masih kok bahkan bijinya harganya mahal (dari dulu udah mahal sih). Kalo dulu nih, ane mau makan biji jambu monyet caranya di bakar dulu.
Quote:10. Alang-alang

Spoiler for akarnya alang-alang:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Ini yg paling koplak. Kalo gigit2 tebu udah biasa, pernah gigit2 atau ngemil alang2? Kalo akarnya sih ud terkenal bisa jadi obat panas dalem. Dulu ane iseng2 sambil maen layangan, ane sering nyabutin alang-alang. Pangkalnya yg putih2 itu digigit2 jadi cemilan n rasanya ada manis2nya. .

Ga cuma alang2 sih rumput2an, sejenis juga pernah. Pokoknya asal diisep aga manis, ya udah hajar . Kalo sekarang hati2 deh, banyak pestisida, salah2 ntar keracunan.

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Quote:
Gimana? Ada yang pernah cobain tuh taneman2 yg pernah ane makan kalo nge-bolang dulu? Manteb kan! Maruk ya anak bolang generasi 90an, rumput, gulma, sampe alang2 aja di makan. Sebenernya ada satu lagi, di daerah ane namanya pisangan. Bukan yg taneman hias itu ya. Sayang ga nemu gambarnya.

Deskripsi pisangan : Segede bola pingpong, tapi lonjong sepanjang telur ayam. Kalo mateng warna buahnya orange kalo mentah hijau. Buahnya agak berbulu. Isi buahnya dalemnya putih, banyak biji (kayak pisang batu), tapi lembek kaya sirsak. Dan rasanya asem nauzubillah. Tapi enak . Ane inget betul, terakhir makan sih 2002 pas les mau ujian kelulusan SD. Ane bahkan udah lupa gimana pohonnya. Kali2 aja ada yg tau?

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Quote:THANKS

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Buat yg udah mampir, komen, kritik, rate, abu, cendol, bata or apapun

Quote:SUMBER
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Ideas : Me | Gambar : Google
Quote:HT tercepat!
Spoiler for HT:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Ane post jam 17an WIB, n jam 3an pagi udah nongol di HT. Ga sampe 12 jam biasanya juga HT kalo ud 2 hari. Thanks buat semuanya.

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Quote:Mau nambahin?
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?


Quote:A. Asoka
Quote:Original Posted By dhan.chan
seri?? gue sih nyebutnya kersen
jangan lupakan bunga ini
Spoiler for madu terenak:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Spoiler for ini buahnya:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Ane juga pernah nih ngisep nektarnya. Kalo t4 ane sih bukan taneman liar tapi termasuk semak pekarangan, buahnya kayak biji kopi tapi lebih kecil. Kalo muda warnanya hijau, yg udah tua/mateng warnanya merah/item. Semakin merah bunganya dan semakin item buahnya semakin manis buahnya. buahnya manis tapi kalo kebanyakan bisa bikin puyeng

Quote:B. Rambusa (Setiet) Quote:Original Posted By guatelitenan
Buah seri ditempat saya biasa disebut talok atau kersem/keres.
Tambahin gan buah rambusa yg rasa buahnya kaya markisa
Spoiler for rambusa:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : sentiet yg udah mateng begitu penampakannya

Quote:C. Kumis KucingQuote:Original Posted By damai.s4udaraku
ane tambahin bray
ane nyebutnya kumis kucing, seingat ane yaa waktu kecil cara makannya dihisap itu yg putih2 kek kumis kucing
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Dulu sekampung cuma satu orang yg punya, Pak RT. Ane cuma pernah sekali ngisepnya, nektarnya emang manis. Sekarang walau langka, ortu ane punya.

Quote:D. Asem LondoQuote:Original Posted By adizarunited7
ane tambahin gan, asem londo, rasanya manis agak sepet.,
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

pada pohonnya terdapat duri" di sekitar tangkainya biasa di tanam pinggir jalan raya.,
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Ane ga pernah makan kalo ini, pernahmya makan tamarind yg asli malahan. Btw yg spoiler kedua itu gambar apaan kok ga ke load?

Quote:E. Murbei
Quote:Original Posted By singgihanggara
ane tambahin gan, MURBEI
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

enak banget ini

Quote:Original Posted By namakuhiroko
Buah arbei/murbei/blackberry gan. Dulu punya di halaman rumah, tp ditebang sama bapak krn jadi habitat ulet bulu. Katanya sih emg daunnya itu makanan ulet sutra.
Nih fotonya ane ambil sktr 2 bulan yg lalu pas lg berkunjung k rumah saudara, lha ternyata tetangganya punya tanaman buah arbei yg sudah lama g ane liat. Tp ane g berani ambil buahnya soalnya punya orang.
Jadi terakhir kali makan mungkin belasan taun yg lalu. Rasanya asem dan manis. Enak kok.
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

TS Note : Ini juga ga pernah makan, bukan ga ada tapi serem, setau w sih banyak banget uletnya. Pas tau bisa dimakan pohonnya udah ga ada (ditebang) .

Quote:F. Buni/ Wuni
Quote:Original Posted By xibeck
Wahh ciplukan nih ane tambahin namanya wuni pohonya langka selain langka juga biasanya ane metikinya di kuburan gan , rasanya ada yang mais sepet buahnya mirip salam ,oh ya gambarnya ane nyomot di googel btw om TS
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Quote:Original Posted By levisaai
Sama ane juga waktu kecil demen banget tuh makanin buah2 liar di kebon am sawah... Ngebayanginny kaya buah berry liar di luar negeri di pilem pilem aja..
Ini ane mau nambahin
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Buah Buni. Kalo ane nyebutnya uni-unian.
Yang dimakan kalo warnanya udah item. Manis asem. Suka buat campuran rujak. Kalo cairannya kena tangan atau baju langsung ungu.

Note : ane juga pernah makan ini buah Kecil2 kayak lada. Tapi udah lupa rasanya

Quote:G. Duwet/ Juwet/ Jamblang
Quote:Original Posted By gemblehjoss
Buah duwet / juwet
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Adalah juga buah legend nih gan

Quote:Original Posted By aby.marmut
ini jangan lupa gan, DUIT ups DUWET, buah favorit waktu gw masih unyu unyu
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Buah ini yg disebut jamblang bukan?
Quote:H. Jambu Sewu
Quote:Original Posted By gemblehjoss
Tambahan lagi gan, JAMBU SEWU
yang tak kalah legend
Spoiler for jambu sewu:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : sepintas sih mirip blueberry or blackcurrant (tapi kayaknya bukan soalnya 22nya bulet). Ini kayaknya mirip sama Duwet? #CMIIW

Quote:I. Begonia (varietas yg laen)
Quote:Original Posted By the.darn.knight
begonia itu bukannya yang batangnya dimakan rasanya asem asem gitu ya gan?
yang naik gunung pasti tahu
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Yg pic punya ane namanya Begonia Pink gan, kalo yg punya agan ini yg varietas yg biasanya di gunung2/ dataran tinggi. Ane belum pernah makan yg berbulu gitu.

Quote:J. Bunga Sepatu
Quote:Original Posted By lembangers
beberapa pernah ane liat, beberapa pernah ane makan , beberapa spesies masih ada sampai sekarang.
ane tambahin gan 1
Spoiler for bunga sepatu:

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

yang ini ga bisa dimakan cuman dalemanya yang warna putih di isep(rasanya masnis) daunya bisa buat cincau dan ada akar rambat di poonya
warnanya kuning mirip mie

Quote:Original Posted By bowom159
sorry klo udh ad yg post... tp ini enakkk.. kayak ada manis2 nya gitu...
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Quote:Original Posted By habibs94
masih banyak tanaman legend di kampung ane ternyata....
pernah isep bunga ini..??
rasaya ada manis2ny gt
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Kalo bongkar bunganya n ambil putiknya bisa ditempelin di idung

Quote:K. Asam Kranji
Quote:Original Posted By levisaai

Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Asam Kranji.
Favorit ane nih gan. Rasanya asem asem manis gimana gitu.. Suka buat maen diadu gitu sama temen-temen. Yang pecah dikasih ke yang ga pecah isinya..


Quote:L. Kecubung
JANGAN DICOBA!
BERACUN!!!
TEMEN ANE ADA YANG MAMPUS MAKAN BUAH & BUNGA INI!!!

Quote:Original Posted By 3daigo
masa kecil ente belum lengkap kalo tanpa buah ini, gan
Spoiler for kecubung:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Efeknya lebih kuat daripada LSD. Biasa dipake buat mabok atau racun ikan. Setau ane sih, kalo yg tumbuh di deket kali (deket air) atau tumbuh di daerah kering sensasi rasanya agak beda. Tapi ane lupa yg tumbuh di daerah mana yg lebih kuat...
Quote:M. Ceremai
Quote:Original Posted By namakuhiroko

Ane tambahin lagi :
Cerme/cermi. Nih buah favorit emak2 buat rujakan. Padahal rasanya asem dan sepet gila Kita yg anak2 kecil disuruh bantu manjat dan ambil buahnya.
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Tp ada juga emak2 yg kreatif menjadikan buah ini sebagai manisan buah shgg lbh layak konsumsi bagi anak kecil seperti ane waktu itu :P.
Terakhir kali makan belasan tahun lalu
Tua banget ane
Image source :google

Note : T4 ane masih ada .Ga ane bolehin tebang, padahal mepet t4nya mau bikin garasi. Di rumah ortu juga masih ada pohonnya.
Di mal2 biasanya dijual udah bentuk manisan. Yg belum pernah makan mentah, coba datengin mamang rujak bebek.
Quote:N. Nam-nam
Quote:Original Posted By Pramz.jar
Jangan lupa pohon nam nam yang bntuknya kaya ginjal
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Quote:Original Posted By eforjoint
nih pict yg lebih jelas buah nam nam
Kalo Di tempat ane namanya KOPI ANJING
udah langka banget ini, terakhir ada di depan rumah sekitar th 2000
Spoiler for kopi anjing:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Quote:Original Posted By danzhuroid

Yah kangen ngebolang
Stiet,Harendong,Jambu monyet (Biasanya ada dikuburan),sama itu juga yang sering dikuburan Buni/ Wuni rela rela ke kuburan buat nyari buah itu
sebenarnya hampir semuanya Termasuk yang TS bingung yaitu Nam-nam asem anget gan rasanya, itu sangat langka gan,dulu ada dibelakang rumah ane sekarang udah ditebang sayang cuma satu satunya
Mungkin bisa lebih dekat dengan buah Nam-nam Disini

Spoiler for Seperti ini Nam-nam:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?


Lanjut di Post #2
Quote:Tambahan.
Sorry, Post #1 Ga cukup

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?


Quote:O. Jambu Mawar
Quote:Original Posted By moksopati
Nambahin gan, mnrt ane ini taneman legend, pas ane pindah ke banjarmasin sebelah rumah punya pohon Jambu Mawar, kebiasaan ngebolang di jawa, liat jambu aneh rasa & aromanya bener2 deh mirip bunga mawar, aneh2 gmn gitu, daging lumayan lembut agak2 berair dgn aroma mawar
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Jambu Mawar

Note : Di kampung ane dulu, yg punya pohon ini cuma satu. Tapi orang kaya, jadi ga berani minta. Tapi, pernah si dikasih.


Quote:P. Biji Ketapang
Quote:Original Posted By sremet
ane dlu juga suka ngebolang, baru pernah makan seri,ciplukan, kumis kucing sama begonia
btw ane ga doyan seri sama ciplukan pahadal temen ane pada suka
btw ada yg pernah makan biji ketapang ga?
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
ini favorit ane, enak bgt rasanya gurih mirip kelapa tp lebih enak
buat ambil bijinya di pecahin buah ketapang yg dah coklat atau item biasanya jatuh dibawah trz pecahin pake batu.
Quote:Original Posted By sremet

ane jg sering makan gan, enak bgt
pohonya kek gini gan
dlu daunya yang kering sering di ambil buat di taruh botol ikan cupang
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
bijinya enak gurih warnaya putih lebih enak dari kelapa
jaman dlu klo ngebolang ga usah takut laper, makanan dimana2 ada

Note : Yang hobi cupang, mungkin cuma tau daunnya.


Quote:Q. Lamtoro/ Petai Cina
Quote:Original Posted By so3xer
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

ini... buah manding. kalo masih muda di cocol sambel lotis mantep. dengan garam aja udah sip

Quote:Original Posted By divetoblue
emang paling asik dan bahagia tuh masa kecil anak 90an ke bawah. nge-bolangnya bisa ekstrim dari bolang masa kini

jangan lupa cemilan lamtoro gung, gan. yang mirip petai tapi bijinya mini.
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Kalo ini enaknya dibikin botok.


Quote:R. Kaktus
Quote:Original Posted By kijangrusa
kaktus ternyata buahnya bisa dimakan
dulu takut2 makannya takut keracunan ternyata buah naga juga sejenis kaktus
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Di arab sana dijual n dijadiin oleh2 kan ini?


Quote:S. Batang Gandum
Quote:Original Posted By tritanto
Sebagian besar udah pernah semua gan,secara gw kecil di kampung,,
Ane tambahin gan : pohon gandum/cantel batangnya enak di makan seperti tebu,,sori ga ane ngaskus lewat uc browser jd ga bisa/ga tau caranya spoiler gambar,,
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Ga cuma batang gandum yang manis. Batang tebu, batang padi, juga manis.


Quote:T. Adenium
Quote:Original Posted By fosil10
Gw suka ngerjain temen pake bunga ginian :

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Penawarnya kasih buah blimbing wuluh (bahasa jawanya) buat netralisir

Note : Kalo ini bukan makanan, ane taunya getahnya bisa buat obat sakit gigi


Quote:U. Padeglang
Quote:Original Posted By bokisabiz
nih gan buah yang ada di kampung ane..
#campedak
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#blimbing wuluh
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#jatake
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#mahoni
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#harendong
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#menteng
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#nona/srikaya
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

#teureup (yang di makan bijinya di sangrai dulu)
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?


Note :
#cempedak > masi banyak yg jual kalo musim, bp ane punya pohonnya 1
#blimbing wuluh > sering buat campuran sayur/ pepes & juga petis rujak. Bisa dipake buat bersihin cat kuku, sama ngilangin bekas lemak, minyak dll.
#jatake > ane taunya ini buah namanya gandaria
#mahoni > ini buah beneran bisa dimakan??? pohonnya sih masih ada meski ga banyak. tp ane ga tau kalo ni buah edible
#harendong > sama2 harendong, tapi beda ya sama jagoan neon di pic ane
#menteng > ternyata ini yg namanya buah menteng, kirain kayak apaan, sering banget tuh dulu ibu beli kepasar. ga ada pohonnya di kampung ane.
#nona/srikaya > ada nih pohonnya di rumah, udah berupa karya seni. Soalnya pohonnya disambung sama sirsak
#teureup > ga pernah nyoba.


Quote:V. Dewandaru
Quote:Original Posted By nggedabruz
Yg ini pernah nggk gan?
Spoiler for dewandaru:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Buahnya agak mirip ceremai tapi pohonnya beda banget. Asem-asem manis klo udah matang. Sayangnya nih buah kayaknya favorit belatung, banyaak banget. Mesti ati-ati makannya klo nggk mau ketambahan protein hewani

Note : Ga pernah makan ini, ga tau juga buah beginian


Quote:W. Raspberry
Quote:Original Posted By kekayuan
nambahin gan, kayaknya sejenis blueberry/red berry
gak tau namanya apa. kemarin nemu di gunung. yg udah mateng rasanya manis2 asem. enak banget deh
Spoiler for yg mateng warnanya merah terang & ungu:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Ini bukannya sejenis raspberry ya? Emang liar tapi manis. Sayang di Indonesia ga ad yg budidaya. Padahal yang jenis merah (tapi beda varietas kayaknya), harganya mahal di Korea. Bahkan kalo ga salah sampe di ekspor.


Quote:X. Kedondong
Quote:Original Posted By FULL7100
udah semua dirasa kan Gan ama ane
tapi agan kurang satu Daung Kedondong Gan
jaman ane ini kaporit baget selain akar ilalang dan buah No.1 namanya SELETUP didaerah ane trus ada juga buah
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : SELETUP itu orang2 semendo juga nyebutnya begitu. Kedondong sih enak, massih banyak yg jual meski musiman. Iya betul daunnya juga asem.


Quote:Y. Kemundung
Quote:Original Posted By eforjoint

nih satu lagi namanya KEMUNDUNG
rasa daging buahnya lembut lembyt renyah
Spoiler for kemundung:
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : nah yg ini pernah juga nyoba di tempat mbah. tapi ga ada di daerah ane.


Quote:Z. Tebu
Quote:Original Posted By afterlovehasgon
dulu gerogotin tebu
tebunya hasil nyolong
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Sekarang dipinggir jalan banyak yg jualan udah jadi es tebu, apalagi pas puasa


Quote:AA. Umbi Rumput Teki
Quote:Original Posted By tmgg2000
Masih kurang itu, Gan. Umbi rumput teki dibakar, uenak bgt lho.
Skrg malah di budidayakan utk obat herbal
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Ane taunya rumput ini buat makanan kambing/ternak . Ternyata ada yg lebih nggragas sambe ngulikin umbinya. . Lah malah dibuat obat herbal? berarti terbukti makanan bolang lebih sehat n berkhasiat darpada jajan sekarang .


Quote:BB. Buah Jigong/ Alkesa (Buah Kentut)
Quote:Original Posted By abas.java.util
Waduh gan ente bikin trit beginian sukses bikin ane nostalgia jaman SD dulu tiap pulang sekolah langsung ngebolang ke sawah wkwk
Kebetulan SD ane diapit sawah
Dulu belakang sekolah ane ada sawah ditengah nya ada gubuk petani dibawah pohon jigong a.k.a alkesa.
Kalo pohon nya lg berbuah, ane sama tmn" pulang sekolah langsung manjat tuh pu'un padahal tuh pu'un tinggi bener gan kaya pohon duren (bader ya bocah jaman dlu wkwk)
Kenapa disebut pohon jigong? Agak jijik ya wkwkw
Ya karena buah nya warna kuning, terus kalo dimakan bikin gigi kuning kaya jigong wkwk
Eitsss tp jangan salah, rasanya enak gan!
Tekstur nya legit kaya ubi, rasanya manis.
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Kalo inget dlu kecil suka ketawa sendiri ya ahaha. Hampir semua yg ente post pernah ane cobain ahaha.
Dulu pulang sekolah maen tinggal maen, minta duit paling buat beli es doang, karena makanan banyak diluar buah apa aja bisa ditemuin.
Beda sma bocah jaman sekarang, maenan nya gadget, jadi kurang bahagia liatnya.

Note : Di t4 ane namanya Buah Kentut , soalnya baunya kek kentut sih. Tapi emang enak kok. Sekampung cuma 2 org yg punya pohonnya. Kebetulan tetangga depan rumah yg punya pohonnya ga doyan (gegara bau kentut) jadi kalo buahnya lebet, tuh buahnya dipanen sama anak2 n ibu ane kebagian jatah banyak. Sekarang tau deh nasibnya, ud ditebang kali


Quote:CC. Rosella
Quote:Original Posted By danzhuroid

Dan satu lagi apakah agan udah pernah makan buah Rosella?
biasanya dipake JUS atau dimakan langsung juga enak
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?


Note : Pernah! . Bener tuh, biasanya dibikin teh/jus. Sekarang ada kok produk Teh rosella. Orang jaman sekarang pengn yg instan, padahal dulu mah makanan si Bolang.


Quote:DD. Kecapi
Quote:Original Posted By meninas.mcallon
buah kecapi
asem dan ud langka sekarang
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Note : Masih ada ini kayaknya pohonnya di kampung ane tapi udah ga pernah makan.


Quote:EE. Rukem
Quote:Original Posted By heart2hearthh13
rukem
dipijit2 puter2 bulat2 giling2 dulu baru dimakan, rasanya asam sedikit sepat
sama ga sih dengan loba-lobi?
Spoiler for :
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

TS Note : Perjuangan banget ini dulu dapetin rukem harus mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir ga indah. terakhir makan SMP kls 2.


Quote:Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Trit yang Laen
Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?

Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini gan?Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Tips Jadi Selingkuhan yang Baik (JANGAN DITIRU)
Ben-10, Alien & Omnitrix; Ini nih Alien-alien milik Ben-10
The Real Pokémon, Seandainya Pokémon Beneran Ada...Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Jackie-chan Adventures, Berburu Benda Antik Berkekuatan Magis
Royal Knight, Digimon Terkuat Penjaga Dunia DigitalWaktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Selain Pikachu, ini Pokémon Lain Milik SatoshiWaktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Power Ranger yg Anggota Timnya Lebih Dari 6Waktu Kecil Pernah nge-Bolang? Pernah Makan Taneman Ini ga?
Quote:Original Posted By NgisupGue
sdfghbjnk


ooohh mantra yang manjur sekali
Yang ane tau cuman putri malu gan
Alang2 buat obat panas
yg buah salam itu di daerah ane nyebutnya "keres"
Dulu sering banget ane naik pohonnya buat nyari nih buah
Cuma 3 yg bisa ditemuin di kampung ane gan..laennya ga ada..
TS masa kecilnya dimana emang?
ane waktu kecil idupnya di florida bre, disono ga ada begonoan .
buah mubei kok gak ada??
edan..teesnya pemakan segala..sampe alang2 aja diembat..
buah salam sama kersen yang dulu suka banget
Sampek akar2nya ane telen breh
ane gak pppernah gan
pernah semua bray,
1 2 6 ane pernah makan gan, fav ane ya buah seri
aje gile ihh jadi kangen kampung nenek gan, dulu beberapa pernah gw makan tuh pas jalan-jalan di sekitaran desa...
ane mah biasa makan rumput tetangga yg lebih hijau...
ciplukan bree enak tuh
Sentiet gan, klu di Solo namanya Kont*l J*mbuten (pen*s berj*mbut), itu aja dulu...
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar