Pages


Selasa, 27 September 2016

Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?

Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?

ketemu lagi kite gans kali ini ane mau share soal Produser,
Sekilas tentang Produser, produser itu orang yang bekerja di dalem industri musik yang tugasnya mengawasi, mengatur proses produksi, dan rekaman dari artis musik. Seorang produser punya banyak tugas, di antaranya adalah mengumpulkan ide untuk sebuah proyek, menyeleksi, memilih lagu atau musisi, melatih artis, dan musisi di studio, mengendalikan proses rekaman, mengawasi seluruh proses produksi termasuk mixing, dan mastering. Produser juga seringkali punya peran yang lebih besar, seperti pengaturan anggaran, jadwal, dan negosiasi.

Pada era sekarang ini, industri rekaman punya dua jenis produser: produser eksekutif, dan produser musik yang masing masing punya peran beda beda. Sementara produser eksekutif mengawasi finansial suatu proyek, produser musik mengawasi proses pembuatan musik.


Langsung aja ke TKP kitah gans
Quote:Quote:Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
George Martin, produser musik yang berperan dalam mengubah fungsi produser dari sekadar pendokumentasi menjadi seorang perajin musik di studio.


Sebelum George Martin, tugas seorang produser musik cuma mendokumentasikan dengan baik sebuah penampilan live. Greg Kot menjelaskan bagaimana pria hebat tersebut mengubah segalanya.

George Martin, yang meninggal pada 8 Maret 2016 lalu di usia 90 tahun, mungkin nggak menciptakan peran produser musik kontemporer tapi dia membantu menetapkan hal hal yang bisa dicapai seorang produser musik.

Sejak kematian Martin, artis dan produser dari beberapa generasi – Brian Wilson, Rick Rubin, Mark Ronson, Nigel Godrich – menunduk hormat, sebuah gestur yang biasanya dilakukan hanya untuk musisi legendaris seperti David Bowie atau James Brown.
Karya yang dihasilkan Martin bersama The Beatles pada era 1960an terus menerus dipelajari, ditiru dan dikagumi.

Kekaguman yang diberikan oleh pencinta studio terhadap kisah kolaborasi The Beatles dan George Martin dalam buku The Complete Beatles Recording Sessions: The Official Story of the Abbey Road Years 1962-1970, sangat luar biasa.

Sebelum era Martin, fungsi produser biasanya untuk memberikan dokumen lengkap interaksi musisi dan penyanyi secara langsung. Studio cuma diliat sebagai tempat yang tepat untuk merekam penampilan live.
kalau musisi salah memainkan kord atau penyanyi bernada sumbang, maka tugas produser adalah menuntut rekaman ulang sampai semuanya terdengar pas.

Produser bertanggungjawab memilih lagu, menuntun aransemen, menyewa musisi latar, dan memastikan engineer merekam penampilan tersebut dengan kualitas terbaik.
Pada awal 1960an, Phil Spector kemudian mengubah pekerjaan yang awalnya cuma mengawasi semuanya ini menjadi penting dengan membuat orkestrasi yang rumit, melakukan manipulasi dengan seolah berganti ganti penyanyi serta grup vokal dan memilih lagu lagu terbaik, yang biasanya dibuat oleh ’pabrik’ penulisan lagu Brill Building di New York.

'Wall of Sound' Spector sangat khas adalah karyanya, bahkan dia menjadi lebih terkenal daripada artis yang diproduserinya.

Perajin studio
Quote:Martin mengawali reputasinya dengan memproduseri rekaman komedi pada 1950an, tapi dia sebenernya adalah musisi yang terlatih secara klasik saat musik rock ’n’ roll mulai menunjukkan tanda tanda kehidupan untuk waktu lama di Inggris pada awal 1960an.

Quote:Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
Peran dan pendekatan George Martin dalam membentuk The Beatles menjadi band studio yang revolusioner ditiru oleh banyak produser musik lainnya.


Labelnya, Parlophone, ketinggalan merebut generasi pendengar yang baru, dan Martin tengah mencari band baru yang bisa dia produseri dan promosikan.

Saat The Beatles bergabung dengan labelnya, band itu sudah ditolak oleh semua label besar di Inggris.ini sih agan kebanyakan pasti tauklah soal perjalanan band inih yang dulu di tolak berbagai label besar di inggris kan
Hubungan kerja mereka pada awalnya cukup konvensional, Martin menjadi sosok orang yang lebih tua yang membentuk bunyi khas The Beatles dan membentuk lagu lagu mereka.

Martin membantu mengeluarkan Pete Best sebagai drummer dan kemudian memilih penggantinya, Ringo Starr, dan menyuruhnya untuk nggak ikut dalam salah satu single awal band tersebut, karena seorang drummer sesi bisa lebih baik memainkan lagu itu.
Martin meyakinkan Paul McCartney untuk mencoba menambahkan seksi string pada lagu baladanya, Yesterday, dan dia menambahkan kecepatan kibor pada bridge In My Life dari John Lennon. Tapi The Beatles bukanlah boneka yang bisa diatur, dan dengan cepat mereka bekerja dengan Martin sebagai rekanan setara.

Peran Martin berubah dari seorang bos menjadi teknisi, seorang perajin studio yang bisa mengubah ide paling aneh The Beatles menjadi bagian bagian sonik tak terlupakan yang menambah nilai lagu itu.
Ingin sesuatu yang terdengar seperti alunan meditasi biksu Tibet dari puncak gunung? Sebuah crescendo yang tersengar seperti kiamat? Organ dari sirkus yang cocok untuk rumah sakit jiwa? Martin memberikan jawaban atas keinginan keinginan itu untuk lagu lagu ikonik seperti Tomorrow Never Knows, A Day in the Life dan Being for the Benefit of Mr Kite!

Quote:Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
George Martin awalnya adalah seorang musisi yang terlatih secara klasik dan sering memproduseri rekaman komedi.


Martin menggunakan rekaman multi-track dan studio sebagai instrumen, memanipulasi bunyi yang membuat The Beatles sebagai band studio pertama di era pasca-Revolver.
Dengan bantuan Martin, band tersebut menghasilkan bebunyian yang nggak bisa dihasilkan oleh drum, bass dan gitar di panggung, jadi kenapa mencoba?

The Beatles sebelumnya adalah band panggung dengan gaya dan kharisma yang kemudian menjadi band studio paling inovatif dalam sejarah rock, terutama karena empati dan kreativitas Martin, pemahamannya akan musik klasik serta apresiasinya akan avant-garde.
Dia adalah seseorang yang mengetahui musik Bach tapi juga bisa melempar kaset rekaman ke udara dan mengumpulkannya kembali menjadi kolase bunyi yang meriah.

Laboratorium bunyi
Quote:Peninggalan terbesar Martin adalah mengubah peran produser dari sekadar pendokumentasi menjadi pendukung kreatif yanf membuat berbagai semesta bebunyian lewat headphone.

Quote:Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
Kerjasama Martin dengan The Beatles pada 1960an sudah dipelajari, ditiru, dan dikagumi.


Ada banyak pendengar yang mendapat inspirasi: Brian Wilson dari The Beach Boys, Brian Eno, Nigel Godrich untuk Radiohead, kelompok kolektif indie-rock Elephant 6, termasuk di dalamnya Neutral Milk Hotel dan Olivia Tremor Control; Daniel Lanois.

Tapi dalam beberapa dekade terakhir, hip-hop, R&B dan berbagai jenis genre pop urban lain menjadi karya seni yang didorong oleh produser hebat.
Pada permukaannya, cara kerja para mahaguru studio seperti Timbaland, El-P, No ID, The Bomb Squad, RZA, J Dilla, DJ Premier dan Dr Dre nggak sama dengan apa yang dilakukan oleh seorang pria berkelas di studio Abbey Road di London dengan empat musisi rock pada 1960an, tapi pendekatan mereka mirip dengan yang dilakukan Martin.

Pengaruh budaya, sosial dan musik mereka mungkin berbeda. Tapi ada satu kesamaan: penghargaan mereka akan studio rekaman sebagai laboratorium bunyi, tempat di mana imajinasi dan teknologi menciptakan dunia yang tanpa batas.
Dan untuk itu, siapapun yang masuk ke dalam studio rekaman berutang terima kasih pada George Martin.


okesip, jadi itulah seorang produser musik, semoga makin tau makin banyak ilmu gans. Maafkanlah apabila ada salah kata ataupun tanda baca karena ane juga masih manusia biasa, salam



Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?

Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
sumur


Quote:Quote:Mampir Ke Trit ane yang lain gan
Quote:

Apa Yang Dilakukan produser musik? NEW
INI Hukuman mati paling ganas yang pernah terjadi di zaman kerajaan nusantara
7 Tipe Orang Kalo Lagi Parkir Motor
Apakah Matematika Ditemukan atau Diciptakan? #HT
Sikap nggak enakan yang berbuah gak enak #HT
6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja
Sikap Cowok Kepada Cewek Dilihat Dari Mainan Masa Kecil
kenapa tempat tidur di hotel kebanyakan berwarna putih?
5 Alasan kenapa pesawat terbang warnanya putih, kamu kepikiran nggak? #HT
Punya Teman Hobi Utang, Hadapi dengan Cara cara Ini! #HT
6 Programmer Yang Bekerja Keras Merevolusi Teknologi
MahaNakhon, Gedung Unik di Thailand Mirip Piksel yang Hilang #HT
Situs Absurd! tapi patut dicoba dikala bosen melanda #HT
4 Tipe Kepribadian Orang dalam Memakai Uang, Agan yang Mana?
7 Peradaban dan Budaya Kuno yang Dilupakan Sejarah
Antara Hemat dan Pelit, Pahami Dulu Deh Biar Gak Ngatain Teman Pelit #HT
10 Olahraga Aneh yang Pernah Masuk Olimpiade #HT
Pekerjaan Kamen Rider era Heisei yang Mungkin Baru agan Tau! #HT
Apa yang Terjadi Jika Manusia Meninggalkan bumi? #HT
Hobi Koleksi Action Figure itu Menguntungkan Gak Sih?
Ini Perbedaan Augmented Reality dan Virtual Reality!
berapa banyak jumlah air dan udara di bumi?
5 Negara di Eropa yang Biaya S2-nya Jauh Lebih Murah Dari Indonesia
7 Cara Mengatur Keuangan Buat Para First Jobber
Ini Mungkin Alasan Kenapa Tiap Foto KTP Atau SIM Hasilnya Gak Pernah Bagus
8 Benda yang Bisa Kamu Masukin ke Amplop Undangan Selain Uang
13 perusahaan ini penuhi kebutuhan sehari harimu
kenangan anak sekoah zaman dulu yang nggak dirasain anak sekarang
10 Hasil rekayasa genetika yang luar biasa

Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
SALAM KECEH
Pokoknya untuk Ts, TITIK.
Nunggu duit turun aja doi mah breb
Wahahaha pejwan dulu lah
apa yang dilakukan cewek ane skrng?

panutan dah emang George Martin
Si Martin kerja sama Beatles baru ane tau tuh


Bawah ane kerja sama Ipul
Kalo ane penikmat musik aja
Ane penikmat musik noah aja bre
Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
mamam bobok mandi
Lagu e
Quote:Original Posted By muhammadhaffi86
Ane penikmat musik noah aja bre


Lajui sekolah malah ngaskus lajui kena masuk penjara
kayaknya enak jdi produser musik deh dri pada penyanyinya
Quote:Original Posted By abighifari22


Lajui sekolah malah ngaskus lajui kena masuk penjara


Orang banjar kah
Paling enak jadi produser music dangdut breeehh...
ICIKWIM
Quote:Original Posted By adekgantengom
Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
mamam bobok mandi

masa cuma itu?
Quote:Original Posted By lylye
masa cuma itu?



Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
kalo baru abis dipecat om
peran si martin besar juga ya dalam kesuksesan the beatles

nggak ada martin belum tentu beatles bisa setenar sekarang
Quote:Original Posted By adekgantengom

Apa Yang Dilakukan Seorang Produser Musik?
kalo baru abis dipecat om

masi pejwan ni?
Gemboked
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar